INFO TANGERANG

Media Kaum Millenials Tangerang Raya

URL Berhasil Disalin
Banten Terkini

10 Tempat Wisata Menarik Di Kabupaten Pandeglang Yang Wajib Untuk Dikunjungi

10 Tempat Wisata Menarik Di Kabupaten Pandeglang Yang Wajib Untuk Dikunjungi
Foto : @abahmud_official

Pandeglang adalah salah satu Kabupaten yang berada di Banten yang berbatasan dengan Kabupaten Serang. Wilayah yang menjadi tempat penangkaran Badak bercula satu ini memiliki tempat wisata beragam yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Tidak hanya itu saja banyak sarana dan prasarana umum yang tersedia di Kabupaten Pandeglang.

Kebudayaan yang dimiliki Kabupaten Pandeglang begitu unik, penduduknya yang ramah dan sopan membuat Pandeglang begitu dikenal oleh banyak orang khususnya bagi para pemburu tempat wisata.

Ada banyak sekali tempat-tempat wisata yang berada di Kabupaten satu ini yang bisa dikunjungi setiap saat untuk berlibur dan diantaranya sudah dikenal luas oleh banyak orang diantaranya ialah:

  1. Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK)
Foto : @nida_khumairo

Seluruh masyarakat Indonesia tentunya sudah mengetahui bahwa di Kabupaten Pandeglang adalah tempat penangkaran spesies Badak Bercula Satu yang mulai langka dan dilindungi. Disini Badak Bercula Satu (Rhinoceros  Sondaicus) dilestarikan dan dikembangkan guna menambah populasi agar tidak punah.

Tempat yang memiliki luas sekitar 123.000 ha menurut informasi menampung Badak Bercula Satu yang saat ini semakin sedikit karena proses perkembanganbiakan yang cukup sulit. Oleh sebab itu Taman Nasional Ujung Kulon sangat dijaga ketat oleh pemerintahan setempat.

Foto : @indonesiaindc

Namun bukan berarti wisatawan dilarang untuk mengunjungi  Taman  Nasional Ujung Kulon, disini para wisatawan bebas untuk berkunjung karena Taman Nasional Ujung Kulon memiliki pulau-pulau cantik seperti Pulau Peucang, Pulau Panjaitan dan Pulau Handeuleum. Keberadaan Badak Bercula Satu satu biasanya di tengah hutan jauh dari aktivitas wisatawan, sehingga sulit untuk menemukannya. Adalah sebuah keberuntungan apabila bisa melihat langsung Badak Bercula Satu di habitatnya.

  1. Pulau Umang

Pulau Cantik ini Sangat terkenal sekali mempunyai panorama lautan biru Pulau Umang wajib dimasukan kedalam list liburan akhir pekan. Pulau yang begitu tenang ini sangat cocok bagi yang ingin menenangkan diri.

Foto : imutmutiara

Disini juga sudah terdapat fasilitas lengkap seperti penginapan, banana boat, Snorkeling dll. Untuk sampai ke Pulau Umang bisa melalui wilayah Sumur, Pandeglang Banten kemudian menyeberang ke Pulau Umang.

  1. Pantai Carita

Pantai Carita merupakan pantai yang sangat terkenal dari sekian  banyak pantai yang berada di Banten. Dari Pantai ini wisatawan bisa menikmati keindahan laut dan bisa melihat langsung anak gunung Krakatau. Selain itu Pantai Carita memiliki pasir putih halus yang memungkinkan wisatawan bermain tanpa takut karang.

Foto : @rfitracahya
  1. Coconut Island Waterpark
Foto : @diazrzxy28

Tidak hanya memiliki pantai nya saja Kabupaten Pandeglang terdapat wisata wahana air yang terkenal. Coconut Island yang menawarkan wahana air menyenangkan untuk bermain bersama keluarga. Lokasi Waterpark ini menghadap ke laut dan juga disana terdapat wahana laiyang bisa dinikmati seperti banana boat, jetski, donat boat dll.

Foto : @coconutislandcarita

Harga tiket dibanderol sekitar 50.000 rupiah per orang, tiket parkir motor 5.000 rupiah dan mobil 10.000 rupiah.

  1. Gunung Pulosari
Foto : @panorama_banten

Bagi yang beranggapan Banten tidak memiliki gunung untuk didaki itu salah besar. Banten sendiri mempunyai gunung yang sangat terkenal, yaitu Gunung Pulosari. Gunung dengan ketinggian 1364 mdpl ini berada di Kabupaten Pandeglang yang merupakan salah gunung yang masih aktif hanya saja tidak pernah erupsi dan  kawah yang masih aktif.

Foto : @amaliawindaa

Untuk mendaki Gunung Pulosari wisatawan dapat menempuh 2 jalur yang telah tersedia jalur landai dan jalur yang menantang, terdapat 2 pos sebelum sampai ke puncak yakni pos 1 Curug Putri dan pos 2 area kawah. Gunung Pulosari direkomendasikan bagi pemula yang ingin belajar naik gunung.

  1. Pantai Tanjung Lesung
Foto : @evaagustini_

Satu lagi pantai yang sudah dikenal oleh banyak orang ialah Pantai Tanjung Lesung. Disini ada banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan mulai dari berenang, Snorkeling, Spot Foto dll dan juga disini sudah banyak fasilitas yang tersedia mulai dari penginapan, camping ground, villa dan fasilitas lainnya yang memadai.

Foto : @aniseeeu

Tidak heran apabila Pantai Tanjung Lesung menjadi destinasi wisata favorit keluarga bahkan banyak sekali acara atau even-even yang diselenggarakan di Pantai Tanjung Lesung. 

  1. Waterpark Cikole
Foto: papa tiva dara chanel

Pandeglang memiliki salah satu wahana air bernama Cikole. Tempat ini selalu ramai dikunjungi terlebih ketika akhir pekan. Fasilitasnya pun sudah lumayan lengkap sehingga ketika datang kesini tidak perlu khawatir. Dan disini juga sudah ada wahana lainnya yang bisa nikmati.

Foto: Tri endah siswati

Biaya tiket yang dikeluarkan ketika mengunjungi Waterpark Cikole ialah :

Tiket masuk Senin-Jumat : 20.000 per orang

Sabtu-Minggu : 30.000 per orang

Parkir Motor : 5.000

Parkir Mobil : 10.000

Wahana berbayar: 5000-10.000 rupiah

  1. Wisata Air Tirta Persada
Foto:khusaneni afriliani

Tempat wisata air ini Lokasi nya berada di bawah kaki Gunung Karang dan mempunyai  beberapa kolam renang yang terpisah sesuai kedalamannya.

Foto : sandy kurnianto

Wisata Air Tirta Persada banyak dikunjungi oleh wisatawan karena memiliki beberapa permainan air dan fasilitas lainnya serta masih memiliki pemandangan asri panorama pegunungan. Wisatawan dapat mengunjungi nya setiap hari mulai pukul 07.00-19.00 WIB dan biaya masuknya sekitar 27.500 rupiah hari biasa dan 33.000 rupiah di akhir pekan.

  1. Cikoromoy

Cikoromoy merupakan tempat pemandian dimana sumber mata air nya masih asli. Tempat yang telah dibuka sejak lama ini menjadi salah satu tempat pemandian favorit warga sekitar dan wisatawan dari luar Kota sehingga Cikoromoy tidak pernah sepi pengunjung.

Foto : @aris_neros

Tiket masuknya pun lumayan murah hanya 5.000 rupiah per orang. Oleh sebab itu jika ingin mengunjungi Cikoromoy sebaiknya jangan di akhir pekan karena sudah pasti ramai oleh pengunjung.

  1. Pemandian Air Panas Cisolong
Foto : N huna

Satu lagi tempat wisata di Pandeglang yang Wajib untuk dikunjungi ialah Pemandian Air Panas Cisolong yang terletak di Kampung Cisolong Desa Sukamanah Kabupaten Pandeglang.

Sumber air panas yang dihasilkan dari tempat wisata ini berasal dari Gunung Karang dimana terdiri dari 30 buah sumber. Terdapat 7 sumber besar dan sisanya sumber yang berukuran kecil yang terletak di antara persawahan penduduk. Meskipun mempunyai jumlah yang banyak Sumber Air Panas ini hanya dimanfaatkan beberapa saja termasuk Pemandian Air Panas Cisolong.

Foto : Yan Dirga

Pemandian Air Panas Cisolong memiliki kolam air panas yang dibagi untuk dewasa dan juga anak-anak. Selain itu terdapat juga tempat terapi berupa 5 kamar pemandian yang lengkap bathup di dalamnya.

Selain itu Pemandian Air Panas Cisolong mempunyai suhu sekitar 65-70 derajat celcius ketika sedang cerah. Namun bila cuaca sedang hujan nya suhunya bisa mencapai 80 derajat celcius. Pemandian Air Panas Cisolong merupakan pemandian yang memiliki keunggulan tersendiri dimana kandungan belerang di dalamnya tidak begitu pekat dan baunya pun tidak menyengat sehingga wisatawan dapat berlama-lama berendam di dalamnya.

Pemandian Air Panas Cisolong memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit

Pemandian Air Panas Cisolong sudah dilengkapi fasilitas yang dapat memudahkan wisatawan untuk beraktivitas seperti mushola, kamar mandi, gazebo untuk bersantai dll. Tiket masuknya pun sangat murah hanya 10.000 rupiah perorang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten