INFO TANGERANG

Media Kaum Millenials Tangerang Raya

URL Berhasil Disalin
Banten Terkini

3 Tempat Wisata yang Mewakili Keindahan Alam Kota Cilegon

Penulis
3 Tempat Wisata yang Mewakili Keindahan Alam Kota Cilegon
Foto:instagram.com/@asemaulana

Apakah kamu sudah pernah berkunjung ke Pantai Tanjung Lesung, Pantai Carita dan pantai-pantai lainnya di Banten?

Seperti orang-orang ketahui, Banten terkenal dengan potensi wisata pantainya yang begitu indah. Wisata Pantai banyak ditemuka di pesisir Kabupaten Pandeglang. Tidak jauh dari lokasi Pantai Carita di Kab. Pandeglang terdapat wisata alam yang eksotis. Wisata alam tersebut berada di Kota Cilegon. Jaraknya sekitar 40 menit dari Kabupaten Pandeglang.

Kota Cilegon memiliki wisata pulau dan juga pegunungan. Bagi kamu yang terbiasa berkunjung ke Kepulauan Seribu Jakarta, mungkin sesekali bisa menikmati keindahan Pulau Merak yang berada di Kota Cilegon. Sedangkan bagi kamu yang hobi hiking, bisa juga berkunjung ke Gunung Batu Pulomerak. Sesuai dengan namanya “Merak” destinasi wisata ini dekat dengan Pelabuhan Merak.

Kamu akan disuguhkan oleh pemandangan hijau yang asri sambil melihat hamparan laut biru dan kapal-kapal yang sedang berlabuh. Wah indah sekali, kenikmatan alam seperti bisa kamu rasakan di Kota Cilegon. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak berikut ini 3 wisata alam Kota Cilegon yang mesti banget dikunjungi.

  1. Pulau Merak Besar
Foto:instagram.com/@indahknissa

Sebenarnya, Pulau Merak itu dibagi ke dalam Pulau Merak Besar dan Merak Kecil. Keduanya sama-sama memiliki pemandangan yang indah. Pulau Merak Kecil memiliki jarak yang lebih dekat dari pelabuhan yaitu hanya sekitar 5 menit, menggunakan perahu nelayan. Sedangkan akses ke Pulau Merak Besar sedikit lebih jauh yaitu menghabiskan waktu 15 menit.

Pulau Merak Besar merupakan kawasan lindung yang dihuni oleh satwa primata dan aves. Air laut di tempat ini bewarna biru jernih. Tidak ada atraksi wahana seperti water sports. Pengunjung bisa bertemu dengan primata yang sedang berada di tepi pantai, seperti monyet. Tidak ada fasilitas yang tersedia, pastikan sebelum kesini untuk membawa bekal makanan dan minuman, dan ke toilet terlebih dahulu.

Sebaiknya datang pada saat matahari masih bersinar terang agar bisa menikmati pemandangan dengan lebih puas. Harga sewa perahu berkisar Rp. 25.000 / orang, lebih baik datang rombongan agar biaya sewa perahunya bisa lebih murah. Harga tiket masuk gratis. Lokasi Pulau Merak Besar mudah ditemukan karena berdekatan dengan Pelabuhan Merak.

Foto:instagram.com/@princess_mimi1409

2. Gunung Batur Pulomerak

Objek wisata Gunung Batur Pulomerak berada di Gunung Batu, Mekarsari, Kota Cilegon. Daya tarik yang disuguhkan berupa pemandangan alam yang indah. Jalur untuk sampai ke Wisata Gunung Batur bisa dilalui oleh kendaraan bermotor dan disediakan juga tempat parkir. Namun untuk wisatawan yang ingin mencoba melakukan pendakian juga bisa, membutuhkan watku sekitar 3 jam untuk sampai ke Gunung Batur.

Bagi wisatawan yang hobi hiking, bisa banget nih coba hiking menu Wisata Gunung Batur. Terdapat beberapa kegiatan pendukung yang bisa dinikmati oleh wisatawan, seperti camping, study flora dan fauna untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan. Harga tiket masuk hanya Rp. 10.000 / orang. Jam operasional 24 jam, namun alangkah baiknya berkunjung dalam kondisi matahari masih terang untuk keamanan wisatawan.

Foto:instagram.com/@bano.yogaswara

Layaknya pegunungan, kamu dapat menyaksikan hamparan pepohonan hijau dari atas gunung. Perkebunan milik warga sekitar seperti sayur-sayuran dapat terlihat dengan jelas. Saat kamu melakukan hiking maupun bersepeda disepanjang kanan kiri jalan juga terdapat perkebunan warga. Walaupun rute nya cukup melelahkan karena menanjak, tapi memberikan adrenalin yang mengasyikan. Yuk coba ke Gunung Batur dengan bersepada!

Foto:instagram.com/@rizqi_primawan

3. Bukit Teletubbies

Masih dengan pemandangan hijau yang asri, lokasinya pun tidak jauh dari Pelabuhan Merak, yaitu bukit bewarna hijau yang nampak seperti Bukit Teletubbies, begitu orang memanggil bukit tersebut. Lokasinya berada di Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon. Kalau kamu ke Cilegon, harus banget berkunjung ke Bukit Teletubbies.

Teletubbies merupakan serial kartun anak-anak asal Inggris yang sangat populer. Dalam kartun tersebut terdapat rumah teletubbies yang berupa bukit rerumputan bewarna hijau. Karena kondisi di bukit yang berada di Desa Suralaya ini mirip dengan bukit di kartun teletubbies maka bukit ini diberi nama “Bukit Teletubbies”. Wah menarik, seperti yang terlihat pada gambar di bawah memang pantas diberi julukan Bukit Teletubbies.

Foto:instagram.com/@tikasutika23

Foto:instagram.com/@tikasutika23

Untuk bisa sampai kesini, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.  Agar tidak salah arah, acuannya adalah terminal bus Pulomerak, selanjutnya wisatawan bisa menggunakan panduan google maps untuk melanjutkan perjalanan. Sedangkan bagi pengguna transportasi umum bisa menyewa ojek dan minta di antarkan ke objek wisata Bukit Teletubbies.

Kini karakter pada kartun teletubbies telah menjadi branding. Misalnya, pada spot foto bertuliskan “Teletubbies” terdapat karakter kartun tersebut sambil melambaikan tangan, wah lucu banget!

Jika diperhatikan lokasi Bukit Teletubbies ini bersebelahan dengan Kampung Kembang Kuning. Dulunya bukit ini diberi nama Bukit Kembang Kuning. Namun karena banyak orang melihatnya seperti Bukit Teletubbies maka sampai sekarang disebut demikian.

Sesampainya disini jangan lupa mengabadikan momen sambil menikmati pemandangan yang indah. Pastikan juga ya cuaca sedang dalam kondisi baik agar perjalanan wisata ke Bukit Teletubbies tidak terganggu. Have a nice day guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten