INFO TANGERANG

Media Kaum Millenials Tangerang Raya

URL Berhasil Disalin
Banten Terkini

5 Wisata Danau untuk Menikmati Keindahan Senja di Tangerang

Penulis
5 Wisata Danau untuk Menikmati Keindahan Senja di Tangerang

Tangerang raya yang meliputi Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang memiliki sejumlah wisata situ yang bisa kamu kunjungi. Situ – situ di Tangerang sudah dilengkapi dengan tambahan fasilitas rekreasi seperti bebek-bebekan, area memancing ikan, pedestrian walk, spot foto, dan lain-lain. Penasaran ada wisata situ apa aja yang ada di Tangerang? Yuk simak berikut ini 5 wisata situ yang bisa kamu kunjungi.

  1. Situ Kelapa Dua

Lokasi Danau Kelapa Dua berada di jalan danau kelapa dua raya, berdekatan dengan Universitas Gunadarma Kampus K Kelapa Dua. Danau ini terbentuk secara alami, didalamya terdapat banyak ikan air tawar, sehingga sering digunakan untuk memancing. Luas danau ini mencapai 28 hektar, namun tahun ke tahun mengalami penyusutan. Sayangnya, banyaknya lumpur di danau membuat danau menjadi dangkal sehingga ketika musim hujan tiba airnya menguap.

Foto: blog.airpaz.com

Pada tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Tangerang sedang melakukan program pengerukan dangkalan danau agar bisa lebih dalam dan mampu menampung air hujan. Dibalik itu semua, untuk memajukan pariwisata dibuatlah saung-saung sebagai wisata kuliner Danau Kelapa Dua. Dulunya di danau ini juga ada fasilitas permainan air seperti bebek-bebekan, namun karena daya minatnya sedikit sehingga sekarang banyak yang lebih memilih untuk memancing dan menikmati kuliner.

Untuk masuk ke wisata Danau Kelapa Dua tidak dikenakan biaya alias gratis. Pengunjung hanya perlu membayar tiket parkir. Wisata ini buka 24 jam, namun jika pengunjung ingin menikmati wisata kuliner sambil melihat indahnya danau kelapa dua, pengunjung bisa datang mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB. Sore hari adalah waktu yang tepat untuk menikmati suasana danau karena anginnya yang sejuk dan tidak terlalu panas, bisa juga sambil menikmati matahari terbenam.

  1. Situ Cipondoh

Lain halnya dengan Danau Kelapa Dua yang berada di Kabupaten Tangerang, Danau Situ Cipondoh terletak di Kota Tangerang. Tepatnya berada di Jl. Kh. Hasim Ashari, Cipondoh, Kota Tangerang. Lokasinya mudah ditemukan karena berada di sisi kiri jalan raya, yang ramai dilalui kendaraan bermotor. Saat ini Situ Cipondoh memiliki luas mencapai 1.261.757 m2. Wisata Situ Cipondoh buka setiap hari dari pukul 07.30 – 21.30 WIB.

Uniknya, Situ Cipondoh memiliki pulau kecil di tengah perairan danau. Untuk mencapai lokasi tersebut pengunjung bisa menyewa perahu dengan harga Rp. 5.000 / orang. Terdapat juga wahana air seperti bebek-bebekan yang dapat disewa dengan harga Rp. 15.000. Kalau perut sudah muali terasa lapar, bisa banget ke tepi danau untuk menikmati warung makan yang dijual oleh masyarakat sekitar, ada es buah, bakso, mie ayam, dan lain-lain.

Foto : instagram.com/@dantedananjoyo

Wisata Situ Cipondoh juga dilengkapi oleh spot-spot foto yang instagramable. Sambil menikmati keindahan alam Situ Cipondoh, pengunjung bisa banget mangabadikan momen dengan berfoto baik bersama keluarga, pasangan, sahabat, teman, maupun dengan diri sendiri. Paling enak kalau datang kesini pada siang menjelang sore dan pastikan keadaan cuaca mendukung ya agar kegiatan wisata tidak terganggu.

Foto : instagram.com/@aini_niie
  1. Situ Bulakan

Mulanya, kawasan Situ Bulakan merupakan rawa yang tidak terawat dipenuhi oleh eceng gondok. Kemudian pada tahun 2007 dilakukan revitalisasi kawasan pariwisata. Kini, Situ Bulakan dilengkapi oleh berbagai fasilitas pendukung wisata yang siap memanjakan pengunjung. Lokasi Situ Bulakan berada di Jl. Villa Mutiara Pluit, RT.004/RW.013, Periuk, Kota Tangerang. Memiliki luas mencapai 22 hektar. Kondisinya masih asri dan sejuk dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun.

Foto:instagram.com/@ta_280

Terdapat sejumlah wahana air yang digemari oleh pengunjung, seperti bebek – bebekan atau sepeda air dengan biaya sewa Rp. 15.000 / 30 menit. Satu buah sepeda air dapat dinaiki oleh 2 orang dewasa dengan cara di goes manual menggunakan kaki. Wah, nampaknya seru banget naik sepeda air disore hari sambil menikmati indahnya pemandangan di Situ Bulakan. Terdapat juga warung – warung yang menjual makanan dan mainan anak-anak di tepi danau. Selesai makan, pengunjung juga bisa lho memancing ikan, tapi jangan lupa untuk membawa alat dan umpan pancing sendiri.

Foto:instagram.com/@ronnyrasdyantoro
  1. East Lake Downtown Alam Sutera

East Lake Downtown berlokasi di  Jl. Lingkar Barat, Panunggangan Timur, Pinang, Kota Tangerang. Danau ini dilengkapi dengan fasilitas olahraga yang lengkap, seperti jogging track, alat pendukung olahraga otot, playground, jalur sepeda, dan lain-lain. Lokasi ini ramah sekali untuk keluarga. Untuk masuk ke lokasi ini tidak dikenakan biaya alias gratis, karena fungsinya yang memang sebagai ruang terbuka biru sekaligus ruang terbuka hijau. Sehingga publik bisa menggunakannya untuk kegiatan refreshing dan juga berolahraga. View atau pemandangan ditempat ini juga bagus banget apalagi pada pagi hari menjelang matahari terbit dan sore hari menjelang matahari terbenam.

Foto:instagram.com/@r1nald1
  1. Situ Cilongok

Alamat Situ Cilongok berada di Jl. Raya Pasar Kemis, Ds.Sukamantri, Pasar Kemis Kab.Tangerang. Akses menuju lokasinya cukup mudah karena berdekatan dengan jalan raya dan juga dilalui oleh kendaraan umum. Dulunya kawasan wisata ini merupakan daerah resapan air bekas galian tanah, yang kini telah berubah menjadi objek wisata. Untuk masuk ke wisata Situ Cilongok tidak dikenakan biaya alias gratis, pengunjung hanya perlu membayar tiket parkir seharga Rp. 3.000 – 10.000 / kendaraan.

Foto:instagram.com/@dentaugi

Wah menarik banget ya wisata situ yang ada di Tangerang, kira-kira situ mana aja nih yang udah pernah kamu kunjungi? Yuk nikmati wisata alam murah meriah ini, tunggu apalagi silahkan kunjungi wisata situ di Tangerang dan bagikan tanggapanmu di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten