INFO TANGERANG

Media Kaum Millenials Tangerang Raya

URL Berhasil Disalin
Menu
Banten Terkini

Berlibur Di Tengah Hamparan Keindahan Kebun Teh Cikuya Lebak-Banten

0
0
Berlibur Di Tengah Hamparan  Keindahan Kebun Teh Cikuya Lebak-Banten
Foto: @winyul_

Keberagaman wisata di Banten tidak ada habis nya ada banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi menjelang akhir pekan maupun liburan nasional.  Mungkin belum banyak orang yang mengetahui bahwa Banten mempunyai tempat wisata berupa kawasan kebun teh.

Kawasan kebun teh yang  masih berlokasi di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) merupakan salah satu kebun teh tersembunyi yang belum diketahui oleh banyak orang padahal kebun teh ini kualitasnya telah diakui dunia sebagai teh dengan kualitas terbaik. Terbukti pernah mendapatkan juara satu teh kategori teh oolong pada tahun 2015 dan juara dua untuk teh oolong dan teh merah pada tahun 2018.

Foto : @wisatakebuntehcikuya

Kebun teh ini dikenal dengan nama Cikuya, sesuai nama tempatnya di Kampung Cikuya, Desa Hegarmanah, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten. Kebun teh Cikuya berada di dataran tinggi yakni diatas 700 Mdpl Dan luas lahan yang telah digarap seluas 35 hektar.

Foto : @wisatakebuntehcikuya

Jenis teh yang ditanam di perkebunan Cikuya merupakan jenis teh yang sangat berkualitas sejenis Camellia Sinensis yang masuk ke dalam jenis teh mahal. Di Indonesia sendiri jenis teh ini hanya ada di dua tempat yaitu di Banten dan Bengkulu tidak heran apabila teh ini mempunyai harga jual yang tinggi serta pengolahannya pun butuh keahlian khusus dan diperuntukan untuk kalangan menengah ke atas.

Keindahan alam yang dari kebun teh Cikuya memberikan  suasana asri nan sejuk karena udara disini masih sangat bersih dan tatanan kebun teh yang rapi dan terawat akan membuat siapa saja yang memandang berdecak kagum.  Karena karakteristik perkebunan teh cikuya ini berada pada areal perbukitan dan landscape yang cukup luas. Sehingga pemandangannya tidak kalah indah dengan kebun teh lain.

Foto : @bhayangkari_pc_lebak_banten

Disini wisatawan bisa berjalan mengelilingi kebun teh atau berfoto nuansa romantis pada spot-spot yang telah disediakan pengelola, duduk di area dekat kebun teh dan masih banyak lagi. Selain itu wisatawan  juga  bisa mencicipi hasil teh yang diproduksi disana serta terdapat cafe untuk bersantai dengan beragam menu makanan  dan teh yang telah disediakan seperti teh hijau, teh merah, teh oolong dan teh opa. Dan yang paling menyenangkan  pengunjung juga bisa membawa pulang produk teh sebagai oleh-oleh.

Foto : @madulestari19

Wisata Kebun Teh Cikuya cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan  lokal maupun non lokal yang menarik ketika mengunjungi Kebun Teh Cikuya selama perjalanan wisatawan akan disuguhkan pemandangan indah seperti gunung dan pantai. Biasa nya wisatawan yang berkunjung menjelang sore hari  karena bisa sambil menikmati matahari terbenam.

Rute Dan Harga Tiket Masuk

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi destinasi Wisata Kebun Teh Cikuya rute dimulai dari arah Kota Serang dan Rangkasbitung menuju Malingping – Bayah – Cikotok kemudian lanjut ke Desa Hegarmanah. Kondisi jalan pun sudah semakin bagus dan dapat dilalui oleh kendaraan roda 2 maupun empat yang dapat ditempuh selama kurang lebih 4 jam.

Bagi yang ingin menggunakan kendaraan umum bisa menggunakan Bus Damri yang hanya ada satu kali sehari dan bisa naik dari Terminal Mandala, Rangkasbitung – Malingping- Bayah – Cikotok dan  Pasir Kuray dari sini sekitar 2 km kebun teh Cikuya berada sebelum Pasir Kuray. Tarif ongkos jika menggunakan Bus Damri sekitar 60.000 rupiah dan waktu tempuh nya sekitar  5-6 jam.

Tiket masuk nya per orang sekitar 20.000 ribu rupiah.  Hanya saja disana belum ada tempat penginapan untuk fasilitas seperti toilet sudah tersedia. Oleh sebab itu bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Kebun Teh Cikuya sebaiknya mempersiapkan segala nya dan jangan lupa untuk tetap menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan.

Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten