INFO TANGERANG

Media Kaum Millenials Tangerang Raya

URL Berhasil Disalin
Millennials Tangerang

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Tebing Koja, Mirip Kandang Godzilla

Penulis
Harga Tiket Masuk Wisata Alam Tebing Koja, Mirip Kandang Godzilla
foto : Instagram.com/ @felicia.navarone

Hai traveller, libur akhir pekan ini ada rencana mau travelling kemana? Kalau belum ada rencana mungkin rekomendasi tempat ini bisa menjadi destinasi tujuan para traveller. Sebuah destinasi wisata alam yang ada di Tangerang, Banten.

Destinasi ini cukup ramai diperbincangkan oleh para traveller karena keunikannya. Kabarnya, wisata alam yang satu ini memiliki pemandangan bebatuan yang eksotis layaknya di luar negeri. Sampai-sampai disebut dengan istillah kandang Godzilla.

Membayangkan namanya saja sepertinya sudah terbayang ya betapa indahnya wisata alam tersebut. Selain pemandangannya yang indah, kabarnya tempat ini juga memiliki harga tiket masuk yang sangat murah meriah. Namun, pemandangannya sangat  berkualitas dan terasa mahal untuk dinikmati.

Tempat yang dimaksud ialah wisata alam Tebing Koja yang terletak di Tangerang, Banten. Tebing Koja dikenal juga dengan sebutan Tebing Godzilla, hal ini dikarenakan lokasi tebing-tebing yang mirip dengan kandang Godzilla di film animasi Godzilla Jepang. Beberapa tahun terkahir ini, tebing Godzilla menjadi incaran para traveller untuk berburu foto yang instagramable.

Lokasi dan Aksesibilitas

Tebing Koja terletak di Jalan Cireundeu, Cikuya, Kec. Solear, Tangerang, Banten. Lokasi ini cukup jauh dari pusat Kota Tangerang, kira-kira berjarak sekitar 42 km. Namun jangan khawatir, walaupun cukup jauh lokasi ini tetap dapat dijangkau dengan menggunakan transportasi umum maupun transportasi pribadi.

Jika traveller akan menggunakan transportasi pribadi seperti motor atau mobil, maka traveller dapat ikuti petunjuk lokasi di maps dengan pencarian “Tebing Koja / Tebing Godzilla Tangerang”. Jangan lupa untuk cocokan kembali dengan nama jalannya agar benar sampai tujuan.

Apabila traveller ingin menggunakan transportasi umum maka transportasi yang tersedia adalah commuterline. Selanjutnya traveller dapat turun di Stasiun Tigaraksa. Perjalanan dapat dilanjutkan dengan menggunakan ojek pangakalan maupun ojek online jika ada dan berhenti di lokasi Tebing Koja. Di sepanjang perjalanan traveller akan disuguhkan oleh pemandangan pedesaan yang tenang dan asri.

foto : pegipegi.com

Harga Tiket

Wisata alam Tebing Koja ini memiliki harga tiket masuk (HTM) yang cukup murah meriah. Traveller hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000,- per orang untuk masuk ke Wisat Tebing Koja. Jika traveller ingin menggunakan fasilitas pendukung, dilokasi ini juga disediakan fasilitas parkir untuk kendaraan roda dua dan roda empat.

Agar lebih jelas, berikut ini rincian biaya yang perlu traveller persiapkan jika berkunjung ke Wisata Tebing Koja :

  • Tiket masuk   : 5.000 / orang
  • Parkir motor : 2.000 / motor
  • Parkir mobil  : 10.000 / mobil
  • Sewa Sampan: 5.000 / orang

Disarankan para traveller untuk menyiapkan uang lebih dikhawatirkan ada perubahan harga. Rincian biaya di atas belum termasuk ongkos transportasi, makan, minum, dan lain-lain.

Asal Usul Tebing Koja

Sekilas tentang asal-usul terbentuknya Tebing Koja yang perlu para traveller ketahui. Mulanya, Tebing Koja ini terbentuk dari sisa galian penambangan pasir yang dilakukan secara manual, tanpa menggunakan alat berat. Proses penambangan ini berlangsung selama beberapa tahun sehingga menghasilkan tebing-tebing menjulang tinggi.

Setelah proses penambangan selesai, lokasi bekas tambang tidak diuruk dan dibiarkan terbuka selama beberapa tahun. Bekas galian tambang lama kelamaan terkena hujan dan menimbulkan genangan air yang berbentuk seperti kolam. Perpaduan antara sisa penambangan secara manual dan proses alam yang terjadi telah membentuk Tebing Koja yang indah.

Luas dari Wisata Tebing Koja mencapai 2 hektar yang terdiri dari tebing dan kolam. Tebing Koja merupakan dinding kapur, selama bertahun-tahun terkena air hujan dan berproses alami sehingga ditumbuhi oleh dedaunan di sekelilingnya. Saat traveller berkunjung ke lokasi ini mungkin tidak terpikir jika ini adalah bekas galian tambang, karena saat ini tampilannya sudah menyatu dengan alam.

Wisata alam Tebing Koja dibuka sebagai wisata pada pertengahan Tahun 2017. Bermula dari unggahan beberapa orang ke akun Facebook dan Instagram telah membuat para netizen takjub akan keindahan Tebing Koja. Ditambah lagi viewnya yang dibilang mirip dengan kandang Godzilla.

foto : lifestyle.okezone.com

Foto di Tebing Koja

Waktu Operasional Wisata Tebing Koja mulai pukul 07.00-18.00 WIB. Para traveller disarankan untuk datang pada pagi atau sore hari agar cuaca tidak terlalu panas. Selain itu, pada pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan view sunrise dilokasi ini. Sedangkan pada sore hari, traveller bisa mendapatkan view sunset yang bagus jika beruntung.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen sunrise dan sunset di tempat ini dan upload ke media sosial. Di Tebing Koja ini banyak spot foto yang instagramable. Para traveller bisa berfoto se-aesthetic mungkin, bahkan tidak jarang lokasi ini dijadikan sebagai foto prewedding.

foto : instagram.com/ @tiketpesawatnya

Berkeliling dengan Sampan

Setelah asik berfoto dari tebing-tebing yang indah, yuk selanjutnya coba berkeliling kolam dengan menggunakan sampan. Jika berkunjung kesini tidak afdol rasanya, jika tidak menaiki sampan dan berfoto di atasnya. Traveller bisa mendapatkan hasil foto yang aesthetic dengan pengambilan angle yang tepat.

Kolam ini bewarna hijau natural yang juga ditumbuhi oleh rerumputan di sekelilingnya. Melihat tebing-tebing kapur langsung dari atas sampan akan membuat traveller merasa terpukau akan keindahannya. Bentuk-bentuk natural yang muncul dari dinding kapur melengkapi pesona Wisata Tebing Koja.

Setelah puas berwisata di Tebing Koja, traveller bisa menikmati santapan yang dijual oleh para pedagang. Setelah itu, jika traveller ingin masih melanjutkan perjalanan wisata, maka tempat terdekat adalah Wisata Alam Telaga Biru Cisoka. Lokasi Telaga Biru Cisoka hanya berjarak kurang lebih 6 km dari Wisata Tebing Koja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten