INFO TANGERANG

Media Kaum Millenials Tangerang Raya

URL Berhasil Disalin
Millennials Tangerang

Ini Keunikan Telaga Biru Cisoka yang Dicari Para Traveller

Penulis
Ini Keunikan Telaga Biru Cisoka yang Dicari Para Traveller
Danau Telaga Biru Cisoka Foto : Instagram.com/@helen_s.maria

Merasa bosan dengan wisata ke mall, mungkin kamu harus mencoba wisata dengan nuansa alam. Di Tangerang ada tempat tersembunyi yang memiliki pemandangan air yang eksotis. Tempat ini beberapa tahun belakangan lagi hits banget dan selalu menjadi rekomendasi para traveller.

Wisata alam memang dapat membuat perasaan menjadi damai dan tenang. Setelah penat setiap hari berkutik dengan tugas dan pekerjaan, paling seru kalo jalan-jalan. Apalagi kalo tempat jalan-jalannya masih di sekitar Tangerang, jadi mudah diakses dan bisa pulang pergi (PP).

Selain aksesibilitasnya mudah, biasanya para traveller juga menginginkan tempat wisata yang murah meriah. Tenang traveller, tempat rekomendasi kali ini dijamin murah meriah. Tapi, walaupun harganya terjangkau, pemandangan yang traveller akan dapatkan terasa berkualitas banget.

Tempat yang dimaksud ialah Telaga Biru Cisoka atau Telaga Cigaru. Tempat ini dikenal memiliki pemandangan yang indah. Warna air di tempat ini bewarna biru jernih layaknya perairan yang ada di Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Wisata Telaga Biru Cisoka buka pada weekday dan weekend, dari pukul 07.00 – 18.00. Traveller jika ingin berkunjung ke tempat ini disarankan untuk datang pada pagi hari atau sore hari agar cuaca tidak begitu panas, sehingga nyaman untuk berfoto.

Lokasi dan Akses

Telaga Biru Cisoka berada di Jl. Cigaru Cisoka, Cisoka, Kec. Cisoka, Tangerang, Banten. Tempat ini pertama kali diresmikan menjadi destinasi wisata pada Bulan Februari, Tahun 2018 oleh Bapak Zaki Iskandar selaku Bupati Kabupaten Tangerang.

Akses menuju tempat ini cukup mudah, traveller bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika traveller menggunakan motor atau mobil, akses lokasinya dapat dengan mudah ditemukan di Google Maps dengan pencarian “Telaga Biru Cisoka”.

Bagi traveller yang akan menggunakan kendaraan umum, bisa menggunakan akses transportasi commuterline, kemudian turun di Stasiun Tigaraksa. Selanjutnya traveller bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek online menuju Telaga Biru Cisoka.

Harga Tiket Masuk

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, harga tiket masuk (HTM) ke Telaga Biru Cisoka ini cukup murah meriah. Untuk memperkirakan berapa biaya yang akan dikeluarkan oleh para traveller, maka berikut ini rincian harga tiketnya :

  • Harga tiket masuk       :Rp 7.000,00 / orang
  • Parkir Motor               :Rp 2.000,00 / unit
  • Parkir Mobil                :Rp 10.000,00 / unit
  • Sewa Perahu               :Rp 10.000-20.000 / orang
  • Harga Makanan          :Rp 15.000-50.000 / orang
Foto : instagram.com/@aserr89

Asal Muasal

Mulanya, daerah Cisoka merupakan kawasan yang memiliki potensi untuk pertambangan pasir. Pada tahun 1999 di lokasi yang sekarang menjadi Telaga Biru Cisoka, dulunya adalah pertambangan pasir yang digarap sampai dengan tahun 2005. Setelah selesai penggarapan, bekas galian ini masih terbuka dan tidak diuruk. Pada musim penghujan, air hujan turut menggenangi galian bekas tambang pasir ini.

Galian yang cukup dalam dan lebar tiap tahunnya terus terisi oleh air hujan yang turun dilokasi itu. Lambat laun partikel-partikel debu yang keruh mengendap dan tergantikan oleh air yang jernih. Kemudian, tidak tau bagaimana asalnya namun air di Telaga Biru Cisoka ini berubah menjadi bewarna biru jernih dan kadang kenuning – kuningan. Di duga pada telaga ini di tumbuhi oleh tanaman alga.

Keunikan

Tanaman alga yang tumbuh di air apabila terkena sinar matahari dapat berubah warna, salah satunya menjadi bewarna kebiruan. Hal ini menjadi keunikan tersendiri bagi Telaga Biru Cisoka. Sebenarnya di Telaga Biru Cisoka terdapat dua telaga besar di sebelah kanan dan kiri pintu masuk. Telaga yang paling besar ukurannya memiliki warna biru jernih, sementara telaga yang lebih kecil memiliki warna natural air.

Foto : Instagram.com/@joybridal175

Perlu traveller ketahui, air di Telaga Biru Cisoka tidak aman untuk berenang karena memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Namun jangan khawatir, traveller dapat menikmati keindahan Telaga Biru Cisoka ini dengan berkeliling menggunakan perahu. Harga sewa perahu cukup murah, mulai dari Rp. 10.000 – per orang. Dari atas perahu traveller bisa asik berfoto sambil menikmati pemandangan yang eksotis.

Dinding – dinding pembatas bewarna putih di sepanjang kanan kiri telaga terbentuk dari hasil galian tambang. Pemandangan pasir pasir putih ini menambah keindahan wisata air Telaga Biru Cisoka.

Foto : Instagram.com/@wetanpictures

Traveller juga akan menemukan beberapa tempat yang didesain khusus untuk berfoto. Spot-spot foto ini bisa digunakan oleh para traveller untuk mendapatkan hasil yang bagus dan tentunya instagramable.

Hal yang perlu diperhatikan jika berkunjung ke tempat ini tentunya menjaga keselamatan dan juga menjaga protokol kesehatan. Selalu perhatikan 3 M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak) guna terhindar dari virus COVID-19.

Setelah puas berfoto dan menikmati pemandangan, traveller bisa menikmati santapan kuliner Tangerang di sekitar Telaga Biru Cisoka. Sebagai bentuk mendukung UMKM, masyarakat lokal berjualan makanan dan minuman yang bisa dinikmati traveller. Harganya lumayan terjangkau tergantung dari menu yang dipesan.

Jadi kapan nih rencana para traveller akan berkunjung ke Telaga Biru Cisoka?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten