INFO TANGERANG

Media Kaum Millenials Tangerang Raya

URL Berhasil Disalin
Banten Terkini

Intip Eksotisnya 6 Air Terjun Banten Untuk Liburan Diakhir Pekan Dan Tips Berlibur Ke Air Terjun

Intip Eksotisnya 6 Air Terjun Banten Untuk  Liburan Diakhir Pekan Dan Tips Berlibur Ke Air Terjun
Foto:@godirprayoto

Menjelang weekend pasti sudah terbayang akan kemana untuk pergi berlibur. Pantai, mall atau tempat hiburan lain pasti sudah sangat sering dikunjungi terlebih tempat-tempat tersebut sudah pasti ramai ketika akhir pekan. Namun jika masih bingung memilih kemana tempat liburan untuk akhir pekan yang memiliki tempat sejuk dan nyaman serta dikelilingi oleh rimbunan pepohonan sekaligus bisa bermain air.

Maka wajib datang ke wisata alam air terjun  yang ada di Banten. Banten sendiri merupakan provinsi yang kaya akan tempat wisata nya tidak hanya pantai nya saja, beberapa air terjun eksotis juga banyak di Banten.

Meskipun begitu jarak yang ditempuh untuk sampai ke air terjun tidaklah dekat dan harus melewati jalanan yang agak curam, trek yang sulit yang kondisinya belum bagus.  Namun itu semua akan terbayarkan karena beberapa air terjun tersebut sangat indah dengan pemandangan di sekitar nya,  air yang jernih dan dingin serta udara yang sejuk.

Padarincang sendiri memiliki banyak air terjun eksotik  yang bisa dieksplor untuk akhir pekan nanti. Ingin tahu apa saja deretan air terjun tersebut? berikut adalah daftar nya : 

  1. Curug Tomo
Foto : maman sumantri

Destinasi wisata air terjun yang wajib masuk list liburan adalah Curug  Tomo. Objek wisata alam satu ini menghadirkan nuansa alam dengan pesona keindahan yang tiada duanya dengan pemandangan khas pegunungan serta air terjun yang tidak terlalu tinggi bisa menjadi tempat untuk menghilangkan penat. Ketinggian air terjun nya hanya 5 meter saja air nya yang dingin dan juga keindahan alamnya masih terjaga.

Foto:@godirprayoto 

Fasilitas penunjang di Curug Tomo sudah lumayan lengkap seperti tempat parkir, toilet umum, mushola, warung serta saung untuk beristirahat.

Alamat Curug  Tomo berada di Kp.Cikupa Pematang Kandis. Ramea Mandalawangi Pandeglang-Banten.

  1. Curug Cimanggung/Cinoyong 
Foto : @pesonabantenofficial

Terletak di Desa. Cinoyong Kec. Carita Kab. Pandeglang Curug Cimanggung memberikan  sensasi liburan yang berbeda. Debit air yang tidak terlalu deras dan juga bersih di sini wisatawan bisa berendam sambil bermain air dengan bebas.

Foto : mang.mbong

Aliran air di tebing batu membuat Curug satu ini layak dijadikan tempat wisata alam  yang bisa dikunjungi kapan saja. Bisa datang menjelang weekend maupun hari biasa lokasi nya pun mudah dicari hanya saja perjalanan untuk sampai ke Curug nya lumayan memakan waktu dengan berjalan kaki.

Fasilitas yang ada di Curug Cimanggung mulai dari area parkir, tempat istirahat dan juga pedagang.

  1. Curug Cigumawang 
Foto : @david_allparicky27 

Berada di Desa.Bugel Kec.Padarincang Serang-Banten Curug Cigumawang merupakan salah satu destinasi wisata air terjun  dengan keindahan alam nya yang memukau. Trek untuk sampai ke Curug Cigumawang tidak mudah dan lumayan memakan waktu namun selama perjalanan wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam bukit dan juga persawahan yang hijau. Akses jalan nya pun lumayan curam masih berupa tanah liat dan batu.

Foto : shofiy hanifah

Jembatan yang harus dilewati 

Curug Cigumawang mempunyai ketinggian sekitar 40 meter dimana air terjun nya dikelilingi oleh tebing yang ditumbuhi oleh pepohonan rindang. Aliran airnya tidak terlalu deras, bersih dan sejuk. 

Curug Cigumawang sudah dilengkapi fasilitas seperti kamar mandi, saung serta warung makan.

  1. Curug Putri
Foto : @jasonriandyk 

Sering kali disebut sebagai Little Green Canyon Curug Putri merupakan salah satu air terjun yang sangat populer. Meskipun disebut curug namun wisata alam ini lebih seperti kolam dengan air yang  mengalir layaknya sungai dimana air nya mengalir di dalam celah himpitan tebing batu yang tinggi sehingga jika dilihat mirip seperti Green Canyon. Selain itu gradasi warna yang ditampilkan pada sisi tebing membentuk pemandangan  yang sangat cantik

Foto : @yoga.us 

Pemandangan alam sekitar curug putri juga berupa hutan dan udara nya pun sangat segar. Oleh sebab itu untuk sampai ke lokasi Curug Putri membutuhkan waktu yang tidak sedikit sekitar 250 meter berjalan kaki dengan medan yang cukup menantang melewati hutan.

Curug Putri berlokasi di Jl.Raya Carita, Sukarame Kab.Pandeglang-Banten yang masuk kedalam kawasan Tahura (Taman Hutan Raya)

  1. Curug Cikotak
Foto :@daerobyyy_ 

Memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter dengan tebing dan pepohonan di sampingnya membuat Curug Cikotak menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi ketika weekend.

Debit air yang cukup deras serta kolam air yang jernih menjadi spot favorit bagi wisatawan untuk berendam terlebih lagi pemandangannya yang indah dan memberikan sensasi yang berbeda. 

Foto : @alunk_hakiki72 

Curug Cikotak berlokasi di Kp. Cikotak Desa Cibojong Kec.Padarincang Serang-Banten. Fasilitas yang ada di Curug Cikotak lumayan lengkap seperti tempat parkir, toilet, mushola dan warung makan.

  1. Curug Sawer 

Curug Sawer adalah salah satu air terjun yang menyimpan keindahan alam pegunungan yang eksotis. Curug Sawer mempunyai dua tingkatan air terjun yang pertama Curug Lalakina (lelaki) yang berada di atas dengan ketinggian sekitar 25 meter. Sedangkan tingkatan kedua bernama Curug Bikang (perempuan) dengan ketinggian 7 meter.

Foto:Lufni Aditia 

Keindahan Curug Sawer tidak perlu diragukan lagi dengan air nya jernih dan sejuk membuat aktifitas berendam menjadi menyenangkan. Selain itu dibawah Curug  Sawer terdapat goa bawah air yang panjang nya sekitar 8 km. Curug Sawer beralamat di Desa Sanghiang Dengdek, Kec. Pulosari, Kab. Pandeglang, Banten.

Fasilitasnya pun sudah ada area parkir, mushola, toilet dll.

Tips Berlibur Ke Air Terjun

Mengunjungi air terjun merupakan kegiatan  berlibur yang menyenangkan berbeda jika pergi ke pantai yang tidak ada tantangan nya. Berlibur ke air terjun juga merupakan salah satu alternatif pelepas penat, lokasi nya yang jauh di jalan raya dan berada di tengah hutan membuat sensasi perjalanan  menjadi sedikit berbeda. Belum lagi jika disekitarnya terdapat pemandangan gunung, sawah dan pepohonan tinggi selain bisa melepas stress sekaligus bisa mendapat oksigen bersih langsung dari alam.

Namun jika ingin pergi berlibur ke air terjun perlu memperhatikan berbagai hal dan persiapan. Berikut adalah tips untuk berlibur ke air terjun:

  • Perhatikan Cuaca

Cuaca cerah adalah momen yang pas untuk mengunjungi air terjun karena dengan begitu airnya menjadi jernih dan bersih. Berbeda jika cuaca mendung atau hujan maka airnya berubah menjadi coklat karena dipengaruhi oleh air yang mengalir dari hulu belum lagi jika ada banjir. Untuk itu ada baiknya memilih hari yang cerah untuk berlibur ke air terjun agar terhindar dari banjir dan biasanya ketika hujan perjalanan menjadi terhambat karena licin dan becek.

  • Membawa obat-obatan 

Jarak yang jauh, kontur jalan yang tidak mulus, berbatu dan masih tanah merupakan salah satu akses untuk mengunjungi air terjun. Oleh sebab itu ada baiknya membawa obat-obatan ringan agar terhindar dari kecelakaan kecil seperti terkilir atau tergores. Karena biasa di lokasi air terjun jarang sekali ada yang menjual obat-obatan.

  • Membawa Bekal

Banyak sekali pedagang makanan atau minuman di sekitar wisata air terjun. Namun ada baiknya membawa bekal sendiri dari rumah seperti makanan dan minuman. Selain untuk menghemat biasanya harga dijual di tempat wisata juga agak mahal apalagi jika datang bersama teman-teman hal itu untuk mengurangi biaya pengeluaran.

  • Membawa baju ganti 

Berendam dan berenang di kolam air terjun adalah kegiatan yang wajib dilakukan, sayang jika sudah datang jauh-jauh namun tidak main air. Untuk itu bawalah baju ganti tidak perlu khawatir tidak ada tempat ganti karena semua wisata air terjun sudah menyediakan toilet untuk pengunjung.

  • Memakai sepatu 

Perjalanan yang jauh dan kondisi jalan yang masih berbatu dan tanah tidak dianjurkan untuk memakai sandal. Untuk sampai dan pulang dengan selamat sebaiknya pakailah sepatu tidak harus sepatu safety, sepatu yang nyaman atau sepatu kets pun bisa digunakan. Jika ingin memakai sandal pakailah sandal gunung.

  • Protokol Kesehatan 

Berlibur di alam pun wajib untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan. Selalu pakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak agar ketika pulang dari berlibur badan tetap sehat dan tidak membawa virus. Bawalah selalu cadangan masker dan juga hand sanitizer untuk berjaga-jaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten