INFO TANGERANG

Media Kaum Millenials Tangerang Raya

URL Berhasil Disalin
Banten Terkini

Keindahan Karang Bokor Sawarna Manyaingi Tanah Lot Bali

Penulis
Keindahan Karang Bokor Sawarna Manyaingi Tanah Lot Bali
Foto:instagram.com/@harie_potter

Berniat untuk liburan ke Tanah Lot Bali, namun budget terbatas? Sepertinya kamu harus mencoba mengeksplore Banten. Di sisi barat Banten, tepatnya di Kabupaten Lebak terdapat pemandangan alam sekaligus pemandangan laut yang eksotis bagaikan berada di Tanah Lot, Bali. Lokasinya berada tidak jauh dari Kawasan Pantai Sawarna berada di antara wisata Pantai Goa Langir dan Pantai Pulo.

Masih termasuk ke dalam Kawasan Hutan Lindung Saketeng, Pantai Karang Bokor dikelilingi oleh banyak pepohonan lebat. Dulunya kawasan ini sulit diakses, namun karena memiliki pemandangan alam yang esksotis, akhirnya terdapat sebuah Lembaga Masyarakat Desa (LDM) yang mengisiasi untuk melakukan penataan objek wisata. Untuk mendukung Langkah tersebut, maka LDM melakukan kerja sama dengan perhutani dan investor. Kini, kondisi Pantai Karang Bokor sudah dapat diakses dengan mudah, dilengkapi juga fasilitas-fasilitas pendukung.

Latar belakang nama Karang Bokor rupanya berasal dari sebuah pulau berukuran kecil yang berada di dekat tebing, pulau tersebut terlihat menyerupai Bokor. Pulau kecil itu terdiri dari batuan karang yang di atasnya ditumbuhi oleh tumbuhan lebat. Selain pemandangannya yang indah, Karang Bokor juga merupakan sebuah tempat favorit memancing ikan. Menurut informasi dari warga setempat, terdapat beberapa jenis ikan yang bisa didapatkan seperti ikan kuwe, kerapu hingga tuna.

Jika berwisata ke Pantai Karang Bokor, kamu juga bisa sekaligus mampir ke tempat wisata lainnya yang juga tidak kalah mempesona. Ibarat pepatah “sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui”. Berjarak sekitar 1.6 km ke arah barat dari Pantai Karang Bokor kamu bisa menemukan Pantai Pulo Manuk. Selanjutnya, tidak jauh dari Pantai Karang Bokor hanya berkisar 2 km ke arah timur, kamu bisa menemukan Pantai Goa Langir dan berjarak sekitar 2.8 km dari Goa Langir kamu bisa bertemu dengan Pantai Sawarna.

Foto:instagram.com/@ddtry_

Lokasi dan Rute

Alamat Pantai Bokor berada di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. Lokasi ini memang cukup jauh dari pusat kota, karena berada di sisi barat Lebak. Namun, kamu tidak perlu khawatir, akses untuk menuju Pantai Bokor terbilang cukup mudah dapat dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat.

Bagi pengunjung yang berasal dari Jakarta dan Sekitarnya terdapat dua rute yang dapat dilalui. Masing-masing rute memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, tergantung dari jarak dan tujuan wisata yang akan dilakukan. Berikut ini rute dari jalur timur dan barat:

  • Jalur Timur (via Bogor) ditempuh selama 4-5 jam: Jakarta – Ciawi – Cibadak,Cikidang – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna.
  • Jalur Barat (via Rangkasbitung) ditempuh selama 5-6 jam: Jakarta – Rangkasbitung – Gunung Kencana – Malingping – Bayah – Sawarna.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke Pantai Bokor terdapat sejumlah biaya yang harus dikeluarkan, terutama untuk tiket masuk yaitu Rp. 20.000 / orang. Harga tersebut terbilang murah, karena kamu bisa mendapatkan pemandangan alam yang eksotis. Untuk biaya parkir, umum seperti harga parkir kendaraan roda dua dan roda empat di tempat wisata lainnya.

Fasilitas

Pantai Karang Bokor dilengkapi oleh sejumlah fasilitas yang mendukung kegiatan wisata, mulai dari tempat parkir untuk singgah kendaraan pengunjung, tempat makan sederhana sampai dengan restaurant tersedia disepanjang jalanan menuju pantai, dan juga tersedia penginapan. Setelah melakukan perjalanan yang cukup jauh, tidak ada salahnya jika bermalam di penginapan terdekat. Dengan menginap kemungkinan kamu bisa berkesmpatan menikmati sunrise dan sunset Pantai Karang Bokor. Penginapan yang tersedia diantarnya: Sawarna Resort, Pulman Lampion Cottage, Little Hula Hula, dan lainnya.

Berikut ini daya tarik dari Pantai Karang Bokor Sawarna yang harus kamu ketahui.

  • Menyusuri Rimbunan Pohon

Walaupun dikenal dengan wisata pantai, namun di Karang Bokor Sawarna kamu juga bisa menikmati rimbunan pepohonan. Lokasi Pantai Karang Bokor masih termasuk ke dalam Kawasan Hutan Lindung Saketeng. Tidak heran jika saat melewati pintu masuk pengunjung akan disuguhi pemandangan hutan yang cukup lebat. Setelah itu baru pengunjung akan disambut oleh pamandangan laut lebas yang bewarna biru eksotis.

Foto:instagram.com/@inforangkasbitung

Pantai Karang Bokor terdapat banyak tebing-tebing indah yang menjulang tinggi. Untuk menikmati pemandangan dengan lebih epic maka dibuatlah jembatan disepanjang tebing. Pengunjung bisa menikmati suasana alam yang menyatu dengan pantai dari jembatan gantung ini. Paling pas jika kesana pada waktu sore hari dimana cahaya matahari tidak terlalu panas, sekaligus menunggu waktu matahari terbenam.

  • Menikmati Pemandangan Laut Lepas
Foto:instagram.com/@abnerdanuarta

Pantai Karang Bokor memiliki pemandangan hamparan laut bewarna biru jernih. Tidak heran lagi jika banyak pengunjung yang ingin datang ke Pantai Karang Bokor, Sawarna. Deburan ombak yang memukau juga bisa kamu saksikan sambil menikmati segelas kopi. Pengunjung yang datang kesini tentunya dari berbagai kalangan dan profesi. Seperti pada gambar terlihat seorang fotografer yang sedang asyik memotret hamparan laut Pantai Karang Bokor.

  • Menikmati Sunrise dan Sunset
Foto:instagram.com/@nurizkiramadani06

Wisata pantai memang paling identik dengan view sunrise dan sunset yang sangat memukau. Warna lembayung disore hari patut kamu abadikan saat berada di Pantai Karang Bokor. Sepanjang kawasan pantai di Desa Sawarna memang memiliki view yang berbeda dari pantai-pantai lainnya karena kondisinya yang masih asri, bersih dan terjaga membuat tempat ini mampu memukau banyak pengunjung.

  • Tempat Foto Instagramable

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten