INFO TANGERANG

Media Kaum Millenials Tangerang Raya

URL Berhasil Disalin
Banten Terkini

Liburan ke Sawarna? Ini 7 Objek Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi

Liburan ke Sawarna? Ini 7 Objek Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi
Foto : instagram.com/@juliati_magda

Wisata Pantai merupakan wisata yang paling banyak digemari, hampir setiap weekend semua pantai selalu ramai dikunjungi apalagi ketika hari libur nasional tiba sudah bisa dipastikan pantai akan penuh pengunjung. Biasanya pantai yang paling banyak dicari ialah pantai yang memiliki keindahan laut yang memukau dengan pasir putih yang luas.

Banten mempunyai deretan pantai-pantai dengan air laut yang biru, ada banyak sekali pantai di Banten yang sangat direkomendasikan untuk didatangi ketika akhir pekan. Salah satunya ialah Pantai Sawarna.

Sebagai orang sudah tidak asing lagi dengan pantai Sawarna, khususnya para traveler pencinta laut karena pantai Sawarna terkenal dengan pantai yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia itu sebabnya ombak di pantai Sawarna sangat disukai oleh para peselancar.

Pantai Sawarna berada di Desa Sawarna, sebenarnya Wisata Sawarna sangat luas sekali membentang hingga Pantai Pulo Manuk sampai ke Karang Taruna dengan sajian alam dan pemandangan yang mengagumkan. Selain itu terdapat jenis wisata lain yang bisa dinikmati seperti Goa, disana ada salah satu Goa yang menjadi favorit para pelancong dengan alam yang masih asri.

Berikut 7 Objek Wisata Yang Wajib Didatangi Ketika Berkunjung Ke Sawarna

Sawarna merupakan Desa yang berada Kecamatan Bayah di Kabupaten Lebak Banten. Wisata Pantai Sawarna salah satu tempat wisata yang sudah lama terkenal di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Kebanyakan wisatawan yang datang berasal dari kota-kota Besar seperti Jakarta karena di Sawarna menyajikan keindahan pantai-pantai yang tiada duanya. Berikut merupakan pantai yang bisa dikunjungi ketika berlibur ke Sawarna

  1. Pantai Tanjung Layar

Tempat yang paling ikonik di Desa Sawarna adalah Pantai Tanjung Layar. Bentuknya dua batu karang yang kokoh dan menjulang tinggi seperti kapal yang tengah berlayar. Batu ini letaknya tak jauh dari bibir pantai  apabila air sedang surut pengunjung bisa melihatnya dari jarak dekat dan bisa bermain di sekitarnya karena dikelilingi dengan hamparan karang-karang yang bisa dilewati, bila beruntung di celah-celah karang terdapat hewan laut seperti bulu Babi yang bisa dijumpai. Bagi pemburu sunset Pantai Tanjung Layar merupakan tempat yang pas untuk melihat terbenamnya matahari di sore hari apabila cuaca dengan bagus.

Foto : Wikipedia
  1. Pantai Ciantir

Jika ingin bermain pasir dan berlari-larian di atas pasir putih maka Pantai Ciantir adalah tempatnya. Pantai yang memiliki pasir putih yang halus ini akan dijumpai ketika memasuki Sawarna yang terletak di sebelah Pantai Tanjung Layar. Pantai Ciantir tidak mempunyai karang sehingga sangat cocok bagi yang ingin berenang bebas disini pula biasanya banyak sekali para peselancar yang suka bermain-main dengan ombak.

Foto : barepjustweno
  1. Pantai Legon Pari

Pantai Legon Pari merupakan pantai yang indah dan tenang. Pantai satu ini banyak dijadikan pilihan wisatawan bagi yang menginginkan keindahan alam yang masih asri. Pantai Legon Pari jarang dikunjungi karena akses jalan yang bisa dilewati motor dan berjalan kaki, butuh waktu sekitar 15 menit untuk bisa sampai di Legon Pari menggunakan sepeda motor. Memiliki bibir pantai yang panjang dan pasir putih yang halus pantai ini sangat cocok bagi yang ingin bermain pasir dan berenang.

Foto : sawarna.net
  1. Pantai Karang Beureum

Berpindah haluan dari Legon Pari wisatawan  bisa mengunjungi Pantai Karang Beureum yang memiliki tembok karang seperti benteng yang memanjang. Tempat ini salah satu spot favorit untuk berfoto apalagi saat ombak menerjang karang maka akan terlihat pemandangan yang indah dan membentuk air terjun kecil yang melebar. Akan tetapi tidak dianjurkan untuk melihatnya dari dekat karena berbahaya cukup dinikmati saja dari jauh. Di Tempat ini pula wisatawan dapat menikmati sunrise yang menyembul dari balik bukit.

Foto : sawarna.net
  1. Pantai Karang Taraje
Foto : instagram.com/@ivasadili

Pantai selanjutnya yang bisa dinikmati pengunjung ketika berada di Sawarna adalah Karang Taraje. Disini sangat cocok sekali untuk mengambil foto karena disini terdapat benteng karang yang berbentuk seperti tangga yang dalam bahasa Sunda Taraje adalah tangga. Di Tebing yang berbaris ini ombak selalu datang menerjang menghantam karang akan tetapi perlu diingat Karang Taraje sangat tidak cocok untuk dijadikan tempat berenang dan wisatawan tidak dianjurkan untuk terlalu dekat dengan karang.

Foto : instagram.com/@ivasadili
  1. Goa Lalay

Selain bisa mengunjungi Pantai nya wisatawan bisa mampir ke Goa Lalay. Goa Lalay mempunyai panjang sekitar 1-1.5 km namun untuk menikmati keindahan nya dan melakukan sisir Goa tidak perlu sampai sedalam itu karena sepanjang 100-200 Master wisatawan bisa menikmati keindahannya.

Foto : instagram.com/@max_val441
  1. Goa Langir

Goa selanjutnya yang bisa di eksplor adalah Goa Langir. Goa ini lokasi nya agak tersembunyi dan juga jarang sekali dikunjungi wisatawan, selain itu Goa Langir memiliki keindahan yang cukup bagus. Goa Langir terletak di sebelah barat Pantai Ciantir dan untuk sampai disana bisa berjalan kaki menyusuri pantai atau melewati jalan khusus lainnya.

Foto : instagram.com/@aratheexplorer

Rute Menuju Sawarna

Jika ingin mengunjungi Destinasi Pantai Sawarna wisata terdapat beberapa rute yang bisa dilalui dari rute Barat dan Timur dan akses jalan nya kini sudah lebih baik sehingga sangat mudah dilalui dan sepanjang jalannya juga terdapat fasilitas umum seperti SPBU yang banyak bersedia, Masjid dan Mushola, Penginapan seperti Hotel dan Villa. Di Desa Sawarna juga sudah banyak sekali hasrat atau villa yang disewakan penduduk sekitar untuk pengunjung yang ingin menginap di Sawarna.

  1. Rute Barat

Jalur ini bisa dilalui oleh kendaraan umum roda dua dan empat :

  • Serang-Pandeglang-Saketi-Bayah-Sawarna
  • Rangkasbitung-Gunung-Kencana-Malingping-Bayah-Sawarna
  • Anyer-Labuan-Malingping-Bayah-Sawarna
  1. Rute Timur
  • Ciawi-Cibadak-Pelabuhan Ratu-Cisolok-Sawarna
  • Bogor-Cijeruk-Cisolok-Pelabuhan Ratu-Cisolok-Sawarna

Bagi yang dari Jakarta bisa langsung menuju Serang Timur lalu ke Pandeglang setelah itu bisa lihat dari petunjuk jalannya karena petunjuk jalannya sudah sangat mudah ditemukan.

Tiket masuk yang dibanderol sekitar 5000 rupiah per orang dan biaya parkir kendaraan mobil sekitar 20.000-25.000 rupiah dan untuk motor 10.000-15.000 rupiah. Tidak perlu takut untuk keamanan tempat parkir karena sudah dijaga ketat oleh warga sekitar.

Untuk sewa penginapan seperti homestay dibanderol mulai dari harga 300.000 rupiah ke atas jika disana juga tersedia penginapan lengkap yang ber AC dan memiliki kamar tidur lebih dari satu, bagi yang ingin mendirikan tenda cukup meminta izin pengelola disana untuk mendirikan tenda. Disana juga sudah banyak tersedia mini market lengkap dan pasar yang bisa ditemukan disekitar Desa Sawarna.

Mengingat Pantai Sawarna memiliki pantai dengan ombak yang besar tidak disarankan bagi wisatawan untuk berenang terlalu tengah khususnya bagi yang tidak bisa berenang serta harus mengikuti instruksi atau larangan-larangan yang tidak boleh dilakukan seperti berkata kasar atau melakukan tindakan tidak senonoh ketika berada ditempat umum.

Tips lainnya adalah membawa perbekalan yang cukup apabila ingin berlibur selama lebih dari sehari, membawa obat-obatan karena disana rumah sakit besar letaknya sangat jauh hanya ada klinik saja pastikan bagi pemula yang ingin menikmati liburan di Pantai Sawarna sebaiknya mencari info terkini terlebih dalam kondisi pandemic saat ini yang membuat tempat-tempat wisata memiliki jadwal yang tidak pasti untuk beroperasi. Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan protocol kesehatan kapanpun dan dimana jika ingin pergi berlibur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten