INFO TANGERANG

Media Kaum Millenials Tangerang Raya

URL Berhasil Disalin
Kota Tangerang

Melepas Penat di Cisadane River Walk Tangerang

Penulis
Melepas Penat di Cisadane River Walk Tangerang
Foto : Instagram.com/@tangerangupdate

Kota Tangerang dilalui oleh Sungai Cisadane yang membentang sepanjang 126 km dari Bogor sampai dengan Tangerang. Aliran Sungai Cisadane berasal dari anak-anak sungai yang ada di Gunung Pangrango, Bogor. Kemudian dari hulu mengalir melewati 5 kabupaten/kota dan 44 kecamatan, yaitu : Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang.

Awal mulai nama Sungai Cisadane berasal dari kata “ci” yang artinya air dan “sadane” berasal dari bahasa sansekerta yang berarti kerajaan. Aliran sungai Cisadane di Kota Tangerang berpotensi untuk dijadikan destinasi wisata. Namun karena arusnya yang deras dan sungainya yang dalam, maka opsinya adalah memperbaiki tortoar pinggir Sungai Cisadane untuk dijadikan area Ruang Terbuka Hijau yang bisa dinikmati oleh Warga Tangerang.

Foto : Instagram.com/@ofy_sofyan

Pada tahun 2015, Pemerintah Kota Tangerang menata kawasan pinggiran Sungai Cisadane dengan konsep Eco Park. Dinas Kebersihan dan Pertanamanan turut berkontribusi membantu penataan kawasan Sungai Cisadane. Untuk semakin mempercantik pinggiran sungai, maka dibuat “Cisadane River Walk”. Lokasinya terletak di Jalan Benteng Makasar, persis berada di daerah belakang Plaza Robinson. Untuk alamat lengkapnya berada di Jl. Benteng Jaya, Kelurahan Sukarasa, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Jembatan Brendeng

Foto : Instagram.com/@igers.banten

Cisadane River Walk kini memiliki tampilan yang sangat indah, bangunan – bangunannya ditata dengan teratur. Di Cisadane River Walk terdapat jembatan penghubung yang cukup ikonik, jembatan ini bernama “Jembatan Berendeng”. Dinamakan Jembatan Berendeng karena memiliki warna yang ngejreng. Selain itu, kamu bisa menikmati pemandangan Sungai Cisadane dari menara pandang. Terdapat juga dek kaca transparan, ketika kamu berdiri di atas dek kaca tersebut dapat melihat langsung aliran Sungai Cisadane dibawahnya.

Foto : Instagram.com/@nilaolite

Revitalisasi kawasan pinggiran Sungai Cisadane ini bertujuan untuk menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Tangerang. Dengan meningkatnya jumlah wisatawan maka akan berdampak baik pada perekonomian dan bisa meningkatkan pendapatan daerah Kota Tangerang. Dibangunnya Cisadane River Walk telah terbukti berhasil menarik minat wisata, bisa dilihat pada wekeend jumlah wisatawan cukup banyak.

Wisatawan umumnya berasal dari Kota Tangerang dan sekitarnya. Untuk wisatawan yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya biasanya akan berkunjung ke Kota Tangerang dengan menjangkau beberapa tempat, seperti : pusat perbelanjaan, taman tematik, Cisadane River Walk dan lain-lain. Pembangunan Cisadane River Walk telah menjadi pilihan destinasi wisata di Kota Tangerang saat ini.

Foto : Instagram.com/@redikurniawn

Kawasan di pinggir Sungai Cisadane telah dikhususkan untuk Ruang Terbuka Hijau. Kamu bisa memanfaatkannya untuk jogging maupun sepedaan sambil menikmati pemandangan yang indah. Saat ini kondisi Sungai Cisadane cukup bersih, walaupun airnya bewarna coklat. Penataan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang telah mengubah citra Sungai Cisadane menjadi rapih dan tertata.

Cisadane Flying River Deck

Foto : mediaindonesia.com

Taman tematik “ Cisadane Flying River Deck” merupakan jalan setapak yang terletak dibantaran sungai Cisadane. Lokasinya berada di Jalan Kali Pasir, Kecamatan Babakan, Kota Tangerang. Di Cisadane flying river deck terdapat jalan setapak kayu sepanjang 142 meter yang berada di sisi Sungai Cisadane. Pengunjung yang datang bisa duduk santai di pelataran taman sambil menikmati suasana Sungai Cisadane. Selain itu, pemandangan disini juga cukup bagus, lokasi jalan setapak kayu cocok banget dijadiin spot foto yang instagenic.

Pemandangan sungai cisadane di tempat ini begitu jelas. Di sebelah kanan jalan, terdapat aliran sungai cisadane yang tampak begitu alami dikelilingi oleh rimbunan pohon dikanan kirinya. Uniknya, objek wisara cisadane flying river deck dilengkapi dengan fasilitas charger hp, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai.

Taman Pramuka

Foto : bersapedahan.wordpress.com

Tidak jauh dari Sungai Cisadane, terdapat taman kebanggaan warga Kota Tangerang yaitu Taman Pramuka. Lokasinya berada di Jalan Daan Mogot, Sukaasih, Kota Tangerang. Taman pramuka memiliki luas 3.268 m2, didukung oleh berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Seperti tersedianya playground, toilet, jogging track, obyek fotografi, lahan parkir, serta camping ground.

Sesuai dengan nama tamannya yaitu “ Taman Pramuka” maka tema yang diusung adalah tentang pramuka. Ketika kamu berkunjung ke taman ini, kamu dapat menemukan berbagai hal yang berkaitan dengan pramuka, seperti huruf semaphore, serta tingkatan dan tanda pengenal dalam pramuka. Taman ini bisa dijadikan tempat belajar untuk lebih mengenalkan pramuka pada anak-anak.

Fasilitas yang sangat lengkap berguna untuk menunjang aktivitas wisata para pengunjung. Berwisata ke Taman Pramuka merupakan opsi yang sangat tepat, kamu tidak perlu membayar tiket masuk untuk menikmati fasilitas taman. Seperti kita ketahui, taman merupakan ruang terbuka hijau yang memiliki nilai ekonomi, sosial dan rekreasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten