INFO TANGERANG

Media Kaum Millenials Tangerang Raya

URL Berhasil Disalin
Banten Terkini

Menilik Keindahan Tebing Batu di Pantai Karang Bolong

Penulis
Menilik Keindahan Tebing Batu di Pantai Karang Bolong
Foto:instagram.com/@andrewtaswin

Salah satu pantai yang cukup populer karena pemandangannya yang eksotis adalah Pantai Karang Bolong, Anyer. Lokasi Pantai Karang Bolong berada di Karang Suraga, Kec. Cinangka, Serang, Banten. Pantai ini memiliki tebing batu yang indah, salah satu bagian tebingnya memiliki lubang dibagian tengah seperti gerbang masuk pantai.

Pantai Karang Bolong telah menjadi magnet bagi para wisatawan, perpaduan antara bebatuan dengan view lautan mengundang rasa kagum. Konon, mulanya pantai ini Bernama Pantai Karang Suraga yang merupakan nama seorang petapa di Pantai Karang Bolong hingga akhir hayatnya. Seiring berjalannya waktu, pantai ini lebih dikenal dengan sebutan Karang Bolong sesuai dengan karakteristik pantainya.

Pantai ini disebut Karang Bolong karena terdapat tebing yang memiliki lubang alami dengan diameter mencapai 50 meter. Lubang tersebut diperkirakan tercipta akibat imbas letusan mega dahsyat Gunung Krakatau pada tahun 1883. Namun, disisi lain juga ada yang mengatakan bahwa lubang tersebut akibat kikisan air laut yang telah berlangsung selama betahun-tahun lamanya.

Bahkan tebing berlubang tersebut dapat dinaiki oleh wisatawan, karena ada penghubung tangga di sisi tebing. Dari tempat tersebut wisatawan bisa menyaksikan indahnya lautan ditambah sejuknya angin yang menghembus lubang-lubang pada bebatuan tebing.

Foto:instagram.com/@edward_s

Lokasi dan Aksesibilitas

Pantai Karang Bolong hanya berjarak sekitar 50 km dari pusat Kota Serang. Jika kamu berasal dari DKI Jakarta maka jarak yang ditempuh sekitar 140 km melewati jalur tol. Lokasi Pantai Karang Bolong cukup strategis bisa diakses dengan kendaraan motor roda dua dan roda empat. Berikut ini rute yang bisa digunakan dari DKI Jakarta:

  • 1 jam 2 mnt (36,6 km) lewat Jl. Nasional III, Jl. Raya Anyer – Mancak, dan Jl. Raya Mancak
  • 1 jam 10 mnt (42,4 km) lewat Jl. Arah Ke Carita dan Jl. Raya Palka
  • 1 jam 21 mnt (47,9 km) lewat Jl. Nasional III dan Jl. Raya Mancak

Wisata Pantai Karang Bolong buka setiap hari baik weekday maupun weekend dari pukul 06.00 – 21.00 WIB. Sebaiknya datang kesini Ketika cuaca sedang bagus agar kamu bisa menikmati keindahan pemandangan alam Pantai karang Bolong.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Biaya masuk Pantai Karang Bolong cukup murah, hanya dikenakan Rp. 5.000 / orang. Jika kamu datang Bersama rombongan bus maka biaya masuk dan parkir biasanya sudah include dengan harga sewa bus.

Yuk simak, berikut ini 3 hal yang menjadi daya tarik Wisata Pantai Karang Bolong.

  1. Deburan Ombak

Uniknya, Pantai Karang Bolong memiliki banyak batuan karang. Bebatuan tersebut bentuknya unik-unik karena setiap harinya selalu terkikis oleh deburan ombak. Banyaknya batu karang disini sehingga tidak disarankan untuk berenang. Namun, wisatawan bisa menikmati pemandangan deburan ombak, apalagi pada siang menjelang sore hari adalah waktu yang paling pas untuk bersantai sambal menikmati pemandangan laut di Pantai Karang Bolong.

Di sekitar Pantai Karang Bolong juga banyak ditemukan pepohonan yang rindang. Pohon-pohon tersembut memberikan nuansa sejuk di sisi pantai. Wisatawan tidak perlu khawati akan cahaya terik matahari, karena terdapat saung-saung untuk berteduh. Tersedia juga minuman es kelapa yang bisa dipesan. Menikmati indahnya pemandangan sambal minum es kelapa memberikan relaksasi yang berbeda.

Foto:instagram.com/@aziss_abdul
  1. Spot Foto Instagramable

Pantai Karang Bolong ditumbuhi oleh rimbunan pepohonan yang sudah berusia puluhan tahun bahkan mungkin ada yang berusia ratusan tahun. Di lokasi ini banyak ditemukan juntaian akar-akar pohon yang ternyata menambah daya tarik wisatawan. Tebing batuan yang berlubang nampak seperti pintu gerbang masuk. Tempat tersebut merupakan salah satu lokasi spot foto yang paling diburu wisatawan dan masih banyak lagi spot-spot foto menarik lainnya.

Foto:instagram.com/@fhrjj0
  1. Menikmati Sunset

Hampir setiap pengunjung yang jauh-jauh datang ke Pantai Karang Bolong menginginkan view sunset. Datanglah kesini saat cuaca sedang baik dan langit yang cerah, kemudian tunggu sampai dengan sore hari agar bisa menikmati matahari tenggelam. Lokasi Pantai Karang Bolong sangat pas untuk menikmati sunset, karena langitnya yang bersih tanpa penghalang memungkinkan wisatawan melihat langsung proses matahari terbenam yang nampak seperti di penghujung Banten.

Foto:instagram.com/@sarlindawati_ma

Warna lembayung langit sore harus diabadikan dengan segera bisa dengan ponsel maupun kamera. Setelah itu nikmatilah langit sore dengan seksama. Hirup udara segar dan lepaskan agar setelah kembali dari Pantai Karang Bolong pikiran seperti telah di refresh dan suasana hati membaik. Kalau kamu masih belum puas berlibur di Pantai Karang Bolong, maka bisa memesan penginapan dan esok harinya kembali melanjutkan wisata pantai-pantai lainnya yang tidak jauh dari Lokasi Pantai Karang Bolong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten