INFO TANGERANG

Media Kaum Millenials Tangerang Raya

URL Berhasil Disalin
Wisata Banten

Menjelajahi Eksotisnya Pulau Sangiang Anyer, Berikut Rutenya

Menjelajahi Eksotisnya Pulau Sangiang Anyer, Berikut Rutenya
Foto @explorebantentravel

Anyer merupakan salah satu wilayah yang berada di Kabupaten Serang dan dikenal memiliki deretan keindahan pantai yang tidak pernah sepi pengunjung. Sebagai orang banten sudah tidak asing lagi dengan wilayah Anyer karena sering dijadikan destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan menjelang akhir pekan.

Keindahan-keindahan pantai Anyer memang sudah tidak diragukan lagi terlebih bagi mereka yang hobi berenang di pantai. Namun dibalik pantai-pantai nya yang indah Anyer juga memiliki salah satu pulau yang tidak kalah menarik yang menyajikan keindahan laut yang memukau.

Ialah Pulau Sangiang. Pulau Sangiang merupakan kawasan Taman Wisata Alam dengan panaroma alam yang cantik, pulau ini letaknya di Selat Sunda yakni diantara Jawa dan Sumatera. Pulau Sangiang merupakan pulau kecil yang pada awalnya hanyalah Cagar Alam yang memiliki luas 700.35 Ha, kemudian diubah menjadi Taman Wisata Alam Laut pada tahun 1991.

Foto @saefullah

Tidak hanya itu saja di Pulau Sangiang juga terdapat sebuah perkampungan yang telah dihuni sekitar 50 kepala keluarga. Perkampungan tersebut bernama Lagoon Waru yang menggunakan 3 bahasa untuk berkomunikasi bahasa Sunda, Jawa dan Lampung.

Di Pulau Sangiang memiliki keindahan alam yang sangat menarik dan wajib untuk kunjungi bagi para pecinta suasana alam seperti :

  1. Hutan Bakau

Hal pertama yang akan wisatawan rasakan ketika mengunjungi Pulau Sangiang ialah Hutan Bakau yang hijau karena perjalanan menuju Dermaga Pulau Sangiang akan melewati anak sungai yang dikelilingi oleh Hutan Bakau dan disana para pengunjung seperti tengah berada di Sungai Amazon.

  1. Bukit yang Indah

Pulau Sangiang memiliki perbukitan hijau nan cantik. Wisatawan bisa menaiki bukit dengan melakukan trekking sampai ke atas bukit dan bersantai di puncak sambil menikmati keindahan Pulau dari ketinggian. Pulau Sangiang mempunyai dua tempat puncak yakni Bukit Bukit Harapan dan Puncak Begal.

Foto @jacckss17
  1. Goa Kelelawar

Menjelajahi Pulau Sangiang tidak lengkap jika tidak mampir ke Gua Kelelawar wisatawan akan melihat ratusan Kelelawar yang bermain dengan deburan ombak yang memasuki Goa tersebut.  Goa Kelelawar juga menjadi salah satu tempat bagi para Hiu untuk berburu Kelelawar yang jatuh.

Foto @jasenk_adventure
  1. Diving dan Snorkeling

Kegiatan yang paling disukai pengunjung ialah Diving atau Snorkeling. Pulau Sangiang memiliki keindahan bawah laut yang wajib untuk di explorer karena memiliki banyak biota laut salah satunya ikan Nemo.

Foto @jasenk_adventure
Foto @jasenk_adventure
  1. Wisata Sejarah

Tidak banyak yang mengetahui bahwa Pulau Sangiang memiliki sisa-sisa peninggalan dari perang Dunia ke-2 berupa benteng pertahanan Jepang dan beberapa alat perang lainnya. Akan tetapi jika ingin melihat sisa-sisa peninggalan zaman dahulu harus mendapatkan izin dari pos TNI Angkatan Laut dan izinnya pun cukup sulit.

Rute Menuju Pulau Sangiang

Pulau Sangiang memiliki julukan Seven Wonders of Banten karena Pulau eksotik satu ini mempunyai keindahan alam yang memukau dan terdapat beberapa tanaman khas serta berbagai macam hewan yang dilindungi. Pasir putih dan air laut yang jernih akan membuat wisatawan betah berlama-lama karena pemandangan alamnya yang luar biasa indah.

Foto@zikriakbar._

Untuk sampai ke Pulau Sangiang bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Wisatawan  bisa langsung menuju jalan Anyer ke Pelabuhan Paku-Anyer sesampai nya disana wisatawan bisa menyewa perahu untuk diantarkan ke Pulau Sangiang butuh waktu sekitar 45 menit untuk sampai ke Dermaga Pulau Sangiang. Disana wisatawan bisa menginap di villa atau camping karena telah disediakan penginapan dengan fasilitas yang lumayan lengkap.

Berwisata ke Pulau Sangiang sebaiknya beramai-ramai bersama keluarga atau teman karena untuk menghemat biaya sewa perahu atau bisa mencari agen travel yang menawarkan open trip ke Pulau Sangiang dengan begitu tidak perlu banyak pengeluaran jika hanya berwisata seorang diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten