INFO TANGERANG

Media Kaum Millenials Tangerang Raya

URL Berhasil Disalin
Banten Terkini

Rekomendasi Wisata Aman di Masa Pandemi, Berikut Destinasi dan Tips nya

Rekomendasi Wisata Aman di Masa Pandemi, Berikut Destinasi dan Tips nya
Foto : Google.com

Melakukan berbagai aktivitas di masa pandemi saat ini membuat was-was dan juga beresiko. Sebaran virus Covid-19 yang telah menginfeksi banyak orang didunia  membuat ruang gerak dibatasi. Seluruh aktivitas yang mengundang kerumunan dan tempat-tempat umum lainnya telah membuat peraturan ketat dimana protokol kesehatan  adalah hal wajib yang harus dipatuhi semua orang tanpa terkecuali.

Bahkan di antara tempat-tempat umum lain telah membatasi pengunjung nya, hal itu tentu saja untuk mengurangi penyebaran virus dan menjadi peraturan pemerintah. Begitupun tempat wisata yang menjadi magnet orang-orang untuk berkumpul. Berwisata di masa pandemi saat ini memang telah dilarang meskipun ada tempat wisata yang diizinkan buka dengan syarat pengunjung dibatasi.

Untuk berwisata di masa-masa pandemi saat ini harus benar-benar dipersiapkan secara matang dengan membekali diri seputar resiko, hal apa saja yang harus dilakukan dan peraturan yang tidak boleh dilanggar untuk menghindari virus Covid-19.

Saran ini bisa dipraktekkan ketika akan melakukan perjalanan wisata  untuk menekan resiko tertular Virus di masa Pandemi.

Tips Aman Berwisata

Direkomendasikan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau The Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Berikut adalah langkah-langkahnya berwisata di masa pandemi :

  1. Menjaga jarak sekitar 6 kaki (2 meter) dari orang lain sejauh mungkin.
  2. Hindari kontak dengan siapa saja yang sedang sakit.
  3. Batasi kontak dengan permukaan yang sering disentuh seperti tombol lift, gagang pintu, berpegangan tangan dll. Jika memang harus menyentuh permukaan tersebut sebaiknya gunakan hand sanitizer atau mencuci tangan setelah menyentuhnya.
  4. Gunakan masker wajah di ruang publik dalam ruangan dan di luar ruangan yang memiliki risiko tinggi penularan COVID-19, seperti pada acara yang ramai atau pertemuan besar. Dan ganti setiap 4 jam sekali
  5. Jangan menyentuh mata, hidung dan mulut.
  6. Tutupi batuk dan bersin.
  7. Sering-seringlah membersihkan tangan. Ini sangat penting terutama setelah pergi ke kamar mandi, sebelum makan, setelah batuk, bersin, atau membuang ingus.
  8. Cucilah tangan sesering mungkin dengan sabun dan air minimal 20 detik.
  9. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol. Tutupi semua permukaan tangan  dan gosok kedua tangan sampai terasa kering.
  10. Jangan makan dan minum di transportasi umum.

List Barang Yang Harus Dikemas

Ketika sudah memutuskan untuk pergi berlibur di masa pandemi wajib menyiapkan  beberapa barang yang harus dibawa seperti obat-obatan pribadi dan beberapa barang berikut ini :

  1. Masker wajah
  2. Pembersih tangan atau hand sanitizer minimal alkohol 60 %
  3. Tisu desinfektan (70% alkohol)  untuk permukaan, dan
  4. Thermometer

Apabila sudah mengikuti saran atau tips perjalanan yang sesuai standar kesehatan, maka selanjutnya mencari tahu persyaratan apa saja yang ada di daerah wisata yang akan di dikunjungi. Hal ini sangat penting sekali untuk mengetahui apakah destinasi wisata tersebut telah menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19?

Ada beberapa  destinasi wisata yang direkomendasikan dan telah menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah dan juga mempunyai area yg luas sehingga memungkinkan pengunjung untuk jaga jarak.

Khusus nya di Provinsi Banten dimana tempat wisata yang ada di wilayah Banten  telah menerapkan protokol  kesehatan yang ketat untuk mencegah Covid-19. Tempat wisata aman yang dapat dikunjungi di Banten di antaranya adalah:

  • Tangerang
  1. Melihat Matahari Terbit Di Tebing Koja

Destinasi wisata satu ini menawarkan keindahan yang tiada duanya. Tebing Koja yang berlokasi di Cireundeu, Cikuya Kecamatan Solear Tangerang-Banten, bisa menjadi salah satu destinasi wisata aman yang bisa dikunjungi di masa pandemi saat ini. Panorama keindahan yang Tebing Koja yang dihiasi oleh rerumputan hijau  bisa dijadikan sebagai spot foto yang ciamik ditambah lagi dengan adanya tempat untuk melihat matahari terbit dan terbenam. Disini wisatawan bisa dengan aman berkeliling Tebing Koja karena area nya sangat luas.

  • Serang-Padarincang
  1. Camping Ground dan Memberi Makan Hewan Ternak di Bukit Waruwangi
Foto : @_anis.03

Terletak di Kecamatan Cinangka, Serang-Banten, agrowisata Bukit Waruwangi menawarkan keindahan alam perbukitan yang mempesona, hamparan rumput hijau dikelilingi oleh bukit membuat tempat satu wisata ini layak untuk dikunjungi memiliki luas lahan sekitar 120 hektar. Bukit Waruwangi bisa dijadikan sebagai tempat liburan di masa pandemi disana wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan seperti camping, memberi hewan makan hewan seperti Sapi, Rusa Tutul dan Rusa Timor, berkeliling atau trekking Gunung Rangkong, menyeruput kopi di Pojok Coffee Rangkong sambil menikmati matahari terbenam. Di Bukit Waruwangi juga terdapat swimming pool atau bisa juga mandi di sungai, jika ingin bermalam disana telah disediakan penginapan seperti pondok waruwangi dan homestay.

Foto : @anandhairma

Akses menuju Bukit Waruwangi ada tiga yang bisa dilalui untuk sampai di lokasi. Jalan yang disarankan adalah dari Padarincang dan dari Ponpes Nurul Fikri Cinangka. Kondisi jalan-jalan ini sudah beton dan lebar. Satu akses lainnya dari Pasauran, Cinangka. Namun, butuh kendaraan dengan kondisi baik karena jalanan masih rusak dan berbatu.

  1. River Tubing dan Trekking di Curug Leuwi Bumi
Foto : al_zulfi97

Pemandian air yang menjadi destinasi favorit ini memiliki pemandangan yang tidak kalah dari air terjun lain nya meski ketinggian air terjun nya tidak terlalu tinggi hanya sekitar 2-3 meter saja namun  alirannya menyebar di beberapa titik yang membentuk kolam. Curug Leuwi Bumi mengusung konsep Agro Ekowisata, dimana bukan hanya keindahan Curugnya saja yang ditonjolkan, namun perkebunan swadaya masyarakat pun dihadirkan. Sehingga wisatawan tidak hanya berenang saja melainkan juga bisa melakukan berbagai kegiatan lainnya. Salah satu kegiatan asik yang bisa dilakukan adalah River Tubing yang bisa dilakukan bersama teman. Dengan pemandangan  alam terbuka ini wisatawan juga bisa trekking menyusuri aliran  sungai dan melewati berbagai perkebunan dan sawah warga sambil menikmati keindahan alam dengan udara yang sangat sejuk. Ada banyak lagi kegiatan yang dapat dilakukan seperti berenang, camping, dll.

Curug Leuwi Bumi  terletak di Kampung Turalak, Desa Ramea, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten.

  • Anyer
  1. Pantai Pasir Putih Sirih
Foto : @pantaipasirputihsirih

Wisata yang direkomendasikan di masa-masa pandemi saat ini adalah wisata Pantai. Wisata alam terbuka seperti ini sangat dianjurkan apalagi   banyak sekali hal-hal positif yang bisa didapat dan baik untuk relaksasi tubuh serta menyegarkan pikiran. Anyer dikenal dengan deretan wisata Pantai nya yang indah dan menawan. Pantai Pasir Putih Sirih merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi dengan pasir yang cukup landai dan ombak yang tidak terlalu besar membuat pantai satu ini menjadi tempat favorit untuk berlibur.

Disini wisatawan bisa berenang sepuasnya tanpa takut karang dan juga berbagai kegiatan lainnya seperti banana boat, jet ski, papan surfing dll.

  1. Pantai Florida
Foto : @fathum_alfiyan24

Memiliki bibir pantai yang paling lebar wisatawan bisa bermain  sepuasnya, berlarian di pasir putih nya maupun berenang. Disini wisatawan bisa langsung melihat pemandangan Anak Gunung Krakatau yang menghadap ke Barat dan juga bisa langsung melihat matahari terbenam. Pantai Florida mempunyai predikat sebagai pantai yang paling romantis dengan keindahan  dan keunikan nya yang disuguhkan. Oleh sebab itu Pantai Florida menjadi salah satu pantai idaman. Ditambah kontur tanah yang landai dan tidak terlalu banyak memiliki karang. Sehingga sangat cocok sebagai tujuan wisata bersama keluarga termasuk adan pasangan.

  • Cilegon
  1. Pulau Kecil

Kota dengan julukan Kota Baja ini meskipun sebagian besar wilayah nya adalah Industri namun memiliki tempat wisata yang bisa dikunjungi yaitu Pulau Kecil. Pesona keindahan Pulau Kecil tiada duanya yang mempunyai daya tarik sendiri yang mungkin tidak ditemukan  di tempat lain. Dengan luas 4.6 hektar disini wisatawan bisa bermain dan berenang sepuasnya karena ombaknya cukup tenang serta wisatawan dapat melihat kapal-kapal yang lalu lalang, pemandangan bukit dan lautan yang dihiasi oleh kapal-kapal besar maupun kapal nelayan. Pulau Kecil terletak di Mekarsari Cilegon-Merak untuk sampai ke pulau  nya hanya perlu menyebrang dengan perahu nelayan selama 10-15 menit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten