INFO TANGERANG

Media Kaum Millenials Tangerang Raya

URL Berhasil Disalin
Banten Terkini

Wajah Baru Jaletreng River Park Mirip Sungai di Korea Selatan

Penulis
Wajah Baru Jaletreng River Park Mirip Sungai di Korea Selatan
Foto : instagram.com/@igers.banten

Guys, sudah ada rencana kemana nih akhir pekan ini? Aku punya rekomendasi tempat olahraga yang asyik banget nih! Lokasinya masih di sekitar Tangerang Selatan. Kabarnya tempat olahraga ini memiliki sungai yang telah direvitalisasi mirip seperti Sungai Cheonggyecheon di Korea Selatan. Wah penasaran?

Tempat olahraga yang lagi hits banget ini adalah Taman Kota 2 BSD, yang merupakan taman kebanggaan warga Tangerang Selatan. Revitalisasi dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan dibantu oleh Dinas Pertamanan. Di era modern seperti ini, ruang-ruang publik memang perlu dilakukan penataan agar terlihat lebih cantik dan rapih.

Dulunya lokasi revitalisasi merupakan bantaran sungai yang kurang terawat di Taman Kota 2 BSD. Kondisi sungainya yang terlihat biasa saja seperti bantaran sungai pada umumnya, membuat orang yang melihat menjadi kurang tertarik. Oleh karenanya, Pemkot Tangsel melakukan inovasi dengan mencontoh revitalisasi Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan.

Sungai Jaletreng yang mengalir melewati Taman Kota 2 BSD merupakan anak kali Sungai Cisadane. Setelah di revitaliasi pada tahun 2020-2021, kini Sungai Jaletreng lebih dikenal dengan Jaletreng River Park. Panjang sungai mencapai 100 meter, disamping kanan dan kiri sungai terdapat pedestrian yang dilengkapi dengan hiasan mural.

Foto : instagram.com/@sifafa_19

Lokasi

Taman Kota 2 BSD berada di Jl. Letnan Sutopo, Ciater, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan. Lokasinya tepat berada di kawasan Taman Tekno yang merupakan pusat pergudangan besar, berdekatan juga dengan kantor PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Tangerang Selatan. Taman yang sekaligus berfungsi sebagai hutan kota bisa dengan mudah ditemukan rutenya di Google Maps.

Jam Operasional

Setiap harinya Taman Kota 2 BSD buka dari pukul 06.00 – 18.00. Pada waktu weekend, lokasi ini jauh lebih ramai oleh pengunjung terutama pada pagi dan sore hari. Pengunjung yang ingin merasakan suasana lebih sepi, maka bisa datang pada pukul 10.00 pagi maupun siang menjelang sore hari.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Sebagai ruang terbuka hijau yang dapat dinikmati oleh publik, maka untuk masuk ke Taman Kota 2 BSD tidak dikenakan HTM alias gratis. Kamu hanya akan dikenakan biaya jika membawa kendaraan motor, yaitu biaya parkir.

Foto : instagram.com/@heri_swn

Fasilitas

Sarana dan prasarana pendukung di Taman Kota 2 BSD cukup lengkap lho! Bagaimana tidak lengkap, luas areanya saja mencapai 7.5 hektar. Disini terdapat fasilitas pendukung olahraga, seperti jogging track, skate park, fitness outdoor, lapangan gate ball dan amphitheater. Semua fasilitas ini bisa banget pengunjung gunakan untuk olahraga sesuai dengan minat masing-masing.

Kalau kamu hanya ingin sekedar bersantai dan menghirup udara segar, disediakan juga taman bunga, rumah panggung, rumah jada dan gazebo. Selain fasilitasnya yang super lengkap, kamu akan disuguhkan oleh pemandangan hutan kota yang indah. Ada banyak juga spot-spot foto yang menarik dan instagramble tentunya! Wah mantap banget kan buat mengisi weekend kamu.

Terus kalau lapar gimana? Jangan khawatir, di Taman Kota 2 BSD terdapat lokasi wisata kuliner, namun berada di area yang terpisah. Disana kamu bisa dengan puas menyantap cemilan, jajanan, dan makanan berat seperti nasi dan ayam. Kalau hanya ingin sekedar membeli air putih juga tersedia, karena setelah olahraga biasanya akan berkeringat dan membuat tenggorokan haus.

Foto : instagram.com/@ena_robby

Selanjutnya, daya tarik apalagi sih yang ada di Taman Kota 2 BSD, yuk simak di bawah ini :

  1. Pepohonan Rimbun

Taman Kota 2 BSD ditumbuhi oleh banyak pepohonan tinggi dan rimbun. Lahan seluas 7.5 ha didominasi oleh pepohonan yang dihuni oleh beberapa jenis burung. Keasrian hutan kota ini sudah sepatutnya selalu dijaga. Oksigen yang dihasilkan bermanfaat untuk makhluk hidup, CO2 yang diikat oleh tanaman akan mengurangi pemanasan global.

  • Taman Bunga

Selanjutnya terdapat taman bunga yang indah, biasanya anak-anak akan sangat senang melihat bunga-bunga bermekaran. Taman bunga juga merupakan salah satu spot foto yang paling diburu oleh pengunjung. Setelah lelah beraktivitas dari senin – jumat, kamu lebih baik datang ke Taman Kota 2 BSD untuk refreshing. Melihat bunga warna-warni, udara segar, dan pemandangan alam yang indah dapat menyejukkan hati dan membuka pikiran.

Foto : instagram.com/@andiborland_potraits
  • Menonton Pertunjukkan

Gelanggang Budaya Amphitheater (GBA) dibangun pada tahun 2018, lokasinya menyatu dengan Jaletreng River Park. GBA mampu menampung sampai dengan 6.000 penonton. GBA merupakan amphitheater publik terbesar yang ada di Kota Tanegrang Selatan. Tujuan dibangunnya GBA adalah untuk mengembangkan kegiatan seni dan budaya, melalui penyediaan tempat pertunjukkan, selanjutnya rakyat bisa menggunakan untuk seni pertunjukan tari, theater, musik, dan lain-lain.

  • Piknik

Siapa yang tidak tau piknik, kegiatan bersantai bersama keluarga yang bisa dilakukan ditaman, sambil menggelar alas seperti tiker dan membawa bekal. Piknik merupakan cara orang menggunakan waktu luang dengan quality time. Taman Kota 2 BSD cocok banget nih digunakan sebagai tempat piknik. Selain pemdangannya yang indah, juga murah meriah. Jangan lupa ya setelah kegiatan piknik jika ada sampah harus dibuang pada tempatnya.

Foto : instagram.com/@bandungspotviral

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten