INFO TANGERANG

Media Kaum Millenials Tangerang Raya

URL Berhasil Disalin
Banten Terkini

Wisata Religi Kesultanan Banten Lama Yang Wajib Dikunjungi Terutama Saat Malam Hari

Wisata Religi Kesultanan Banten Lama Yang Wajib Dikunjungi Terutama  Saat Malam Hari
Foto: @dudisugandi

Banten tidak hanya dikenal sebagai tempat yang mempunyai objek wisata alam nya saja, melainkan juga memiliki tempat wisata religi yang kental dengan nilai agama islam dan mempunyai nilai sejarah juga. Oleh sebab itu tempat-tempat religi di Banten banyak menarik para wisatawan.

Provinsi Banten selalu berbenah agar tempat wisata religi semakin banyak dikunjungi. Salah satu nya Wilayah Kesultanan  Banten Lama, wisata religi Kesultanan Banten  kini telah mempunyai wajah baru dengan nuansa Madinah.

Seperti payung teduh yang mirip seperti di Madinah dan beberapa kawasan lain yang mulai tertata rapi dibuat seperti taman yang nyaman untuk beristirahat dan semua nya telah mengalami pembenahan agar para wisatawan semakin ramai berkunjung ke Kesultanan Banten Lama.

Para wisatawan yang ingin berlibur dan berwisata religi di kawasan Kesultanan Banten sebaiknya datang pada malam hari karena waktu malam lah merupakan waktu yang pas dan juga bisa menikmati keindahan Kawasan Kesultanan Banten seperti Kota Madinah.

Kawasan yang patut dikunjungi seperti ketika malam hari :

  1. Taman SekitarĀ  Keraton Surosowan

Wisatawan yang hanya ingin sekedar duduk atau beristirahat bisa datang ke kawasan Taman yang ada di sekitar Keraton Surosowan. Karena disini sudah banyak tempat duduk yang nyaman dan dihiasi oleh lampu-lampu estetik yang menambah keindahan ketika malam hari.

Di sekitarnya pun ada banyak sekali pedagang makanan dan minuman sehingga wisatawan bisa duduk sambil menikmati makanan. Tetapi untuk tidak lupa membuang sampah pada tempat nya yang telah banyak disediakan di area taman tersebut.

  1. Landmark Keraton Surosowan
Foto : @explorer_serang

Landmark Keraton Surosowan merupakan tempat paling hits karena disini bisa dijadikan spot foto. Apalagi ketika malam hari tempat ini sangat indah dan terangi lampu-lampu di sekitar nya.

  1. Area Masjid Agung
Foto : @adityafajarr

Tempat yang mempunyai payung teduh seperti yang ada di Kota Madinah adalah Kawasan Masjid Agung. Disini sudah berdiri banyak sekali payung-payung  yang mengelilingi menara Masjid Agung yang menambah keindahan. Ketika malam hari tempat ini diterangi oleh lampu-lampu indah sekelilingnya. Disini lah biasa nya wisatawan yang berkunjung ke Kesultanan Banten berkumpul untuk sekedar duduk atau berfoto.

Kawasan-kawasan tersebut sangat cocok dikunjungi ketika malam hari untuk melihat keindahan nya. Akan tetapi siang hari juga bukan tidak boleh untuk dikunjungi. Selain itu kawasan  Kesultanan Banten mempunyai beberapa tempat yang memiliki nilai bersejarah yang bisa dikunjungi oleh wisatawan yaitu :

  1. Keraton Kaibon
Foto : @lestariuwie

Keraton Kaibon telah dibangun sejak tahun 1815 dan merupakan karton kedua tertua setelah Keraton Surosowan dengan luas 4 hektar. Disinilah wisatawan bisa melihat keadaan bangunan Keraton Kaibon yang sudah tidak utuh lagi.

Foto : @maaabiraa_

Meskipun begitu bangunan kuno ini menampilkan pemandangan yang unik dan klasik yang sekelilingnya dihiasi oleh rumput hijau yang membuatkan  seakan alami. Biasanya Keraton Kaibon banyak dijadikan spot foto prewedding dengan tema vintage.

  1. Keraton Surosowan
Foto : @artwo_memories

Keraton Surosowan merupakan Keraton tertua yang diperkirakan telah dibangun sekitar tahun 1526-1570 Oleh Sultan Maulana Hasanuddin dan mempunyai luas 3.5 hektar. Meskipun Keraton ini sudah hancur tidak menghilang kesan estetiknya. Peninggalan bangunan nya yang kini sudah tidak utuh layak untuk dikunjungi karena masih menyimpan  nilai sejarah. Akan tetapi ada beberapa tembok yang masih utuh.

  1. Benteng Speelwijk
Foto : @cerita.purple

Benteng Speelwijk merupakan bangunan pada masa kejayaan Kesultanan Banten. Benteng ini dibangun untuk melawan serangan dari rakyat Banten yang tidak suka dengan kehadiran Belanda dan juga didedikasikan untuk menghormati gubernur Jenderal VOC Cornelis Jan Zoon Speelman.

Di dalam Benteng Speelwijk terdapat menara pengintai, ruangan untuk menyimpan  stok mesiu, ruang penyimpanan senjata,bunker bawah tanah dan terdapat empat kuburan pejabat tinggi pemerintah VOC.

Sebaiknya jika ingin berwisata religi ke Kesultanan Banten pilihlah hari biasa karena saat akhir pekan tempat ini sangat ramai dikunjungi apalagi ketika malam jumat karena banyak orang berkunjung untuk berziarah. Kawasan Kesultanan Banten buka setiap hari dan masuknya pun gratis hanya perlu membayar tiket parkir saja. Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan jika ingin berwisata ke tempat yang ramai pengunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten